Kompas.com - 08/01/2014, 11:32 WIB
Bordiran KOMPAS.com/Krismas Wahyu UtamiBordiran
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com –  Penggunaan corak bordir dalam berbagai ragam busana akan membuat tampilan lebih manis. Bordir biasanya dipakai di lingkar lengan, tepi-tepi blus, kebaya, atau gaun, di bagian leher, atau bagian dada.

Bordir sendiri sudah lama berada dalam khazanah busana Indonesia. Di berbagai daerah kita bisa menemui sentra-sentra pengrajin bordir. Salah satu desainer Indonesia yang identik dengan bordir adalah almarhum Ramli.

Di pasaran ada tiga jenis bordir, yakni bordir buatan tangan (handmade), bordir dengan mesin elektrik yang mesinnya disebut juki, serta bordir menggunakan mesin komputer untuk produksi masal.

Sekilas tidak ada perbedaan berarti antara ketiga jenis bordir tersebut, tetapi jika kita teliti lebih dekat ada perbedaan nyata antara bordir buatan tangan dengan mesin.

Menurut Iva Hativah, asisten store manager Indah Bordir di Surabaya, Jawa Timur, kualitas bordir buatan tangan lebih halus dan rapi. "Bordir handmade memerlukan waktu pengerjaan yang lama, bisa satu sampai dua bulan untuk kain sepanjang 1,5 meter. Tetapi hasilnya lebih halus, jarang sekali terlihat serpihan benang pada hasil bordiran," katanya.

Selain itu menurutnya, mesin bordir manual yang dikerjakan dengan kaki akan menghasilkan bolongan motif atau potongan bagian pinggir bordir yang rapi. "Bordir memakai mesin atau komputer menghasilkan tampilan benang yang lebih mengikap dan kurang rapi di bagian pinggirnya," katanya.

Motif bordir sendiri ada berbagai jenis, selain motif bunga, saat ini juga mulai diperkenalkan motif bordir yang diambil dari kain songket, ulos, berbagai motif batik, atau kain ende.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X