Tahun Baru, Pekerjaan Baru? Kenapa Tidak!

Kompas.com - 20/01/2014, 18:42 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com - Tahun baru mungkin awal yang baik untuk memulai pekerjaan baru. Namun, agar tak salah langkah, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah salah langkah saat mencari pekerjaan baru. 

1. Identifikasi tujuan karir Anda

Susunlah tujuan-tujuan karir jangka pendek dan panjang Anda. Di mana Anda melihat diri Anda sendiri 5-10 tahun mendatang. Apakah pilihan-pilihan yang ada di depan Anda sekarang tidak menunjukan kemajuan berarti bagi perkembangan karir Anda?

Ingat kembali apakah Anda menikmati pekerjaan itu? kemudian buatlah target sehingga Anda akan tahu apakah Anda melakukan sesuatu yang berarti atau sebaliknya. Intinya, pastikanlah setiap tujuan tersebut dibuat sangat detail dan yang paling penting, realistis.

2. Tentukan tenggat waktu untuk tujuan-tujuan tersebut

Setiap menentukan target pastikan Anda juga memberikan waktu tenggat yang masuk akal. Hal lain yang harus diingat adalah rencana tanpa tenggat waktu hanya berakhir sebatas angan-angan semata.

3. Berani ambil tantangan

Satu-satunya cara untuk melakukan hal-hal hebat adalah dengan berani keluar dari zona nyaman, tantang diri Anda dan mulailah melawan kelemahan-kelemahan Anda.

4. Networking itu penting

Buat sebagian orang, bersosialisasi bisa jadi mencemaskan, tapi hal ini penting untuk memosisikan diri di tengah-tengah orang-orang yang dapat membantu karir Anda. Apakah Anda ingin pindah kerja, menjadi seorang pekerja lepas atau merintis bisnis sendiri. Apa pun itu, networking dapat mentransformasikan kehidupan profesional Anda secara fenomenal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X