Kompas.com - 04/02/2014, 17:45 WIB
Kulit wajah SHUTTERSTOCKKulit wajah
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com — Konsumsi gula berlebih bukan hanya membuat badan menjadi gemuk, tetapi lebih dari itu membuat penampilan tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Menurut dokter kulit Rashmi Shetty, kelebihan gula akan menyebabkan kulit tampak lebih gelap, bintik pada kulit, serta merangsang kelenjar minyak. "Terlebih jika Anda memiliki kulit sensitif dan berjerawat, kelebihan gula membuatnya lebih buruk lagi," katanya.

Apa saja pengaruh gula pada tubuh dan kecantikan:

Merusak tekstur kulit

Kadar gula darah yang tinggi (diabetes) bisa memicu infeksi kulit. Itu sebabnya orang yang menderita diabetes tipe 2 harus lebih berhati-hati dalam menjaga pola makannya.

Salah satu kondisi yang perlu diwaspadai adalah penebalan kulit di bagian leher atas atau bagian belakang leher yang merusak tekstur alami kulit. Kondisi lain adalah yang disebut acanthosis atau penggelapan pada bagian ketiak, leher, serta sekitar payudara.

Rentan infeksi

Kadar gula yang tinggi juga membuat kulit rentan mengalami bisul, infeksi jamur, infeksi virus seperti kutil, herpes, dan lain-lain. Gangguan kulit ini juga terjadi jika kekebalan tubuh menurun serta kelebihan berat badan.

"Gula akan menekan aktivitas sel-sel darah putih dan membuat Anda lebih rentan terhadap pilek, flu, dan lain-lain. Hal ini juga memperburuk alergi," kata Shetty.




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X