Kompas.com - 04/04/2014, 12:22 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Klorin merupakan zat kimia yang dipakai sebagai pembunuh kuman dan bakteri di kolam renang. Kadar klorin di kolam renang seharusnya dicek setiap hari untuk memastikan rasio antara air dengan klorin tidak berlebihan.

Meski pun klorin bermanfaat untuk membunuh kuman, tetapi klorin bisa menyebabkan kulit dan rambut menjadi kering. Pada kulit yang sensitif, paparan klorin juga akan menyebabkan gatal-gatal. Karena itu kita disarankan untuk langsung mandi setelah berenang untuk menghilangkan klorin yang menempel di kulit.

Agar kulit dan rambut benar-benar bersih dari klorin, simak tips berikut ini:

- Lepas pakaian renang segera setelah Anda selesai berenang dan bilas dengan air. Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung kondisioner untuk mencegah rambut kering dan kusam.

- Sebaiknya bilas tubuh dan rambut dengan air hangat di pancuran.

- Bersihkan seluruh bagian tubuh dengan sabun agar residu klorin tidak tertinggal.

- Jika Anda rutin berenang, sebaiknya gunakan penutup rambut. Jika rambut Anda diwarnai, berenang di air yang mengandung klorin bisa menyebabkan warna rambut lebih cepat berubah.

- Setelah mandi, gunakan pelembab pada kulit untuk mencegah kulit kering dan bersisik.




Sumber LiveStrong
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X