Kompas.com - 20/04/2014, 16:08 WIB
Jangan lupa aplikasikan foundation sebelum menggunakan make-up. SHUTTERSTOCKJangan lupa aplikasikan foundation sebelum menggunakan make-up.
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com – Aplikasi alas bedak (foundation) yang tepat bisa menjadikan riasan lebih merata. Namun, untuk mendapatkan hasil riasan yang sempurna, Anda terlebih dulu mesti menyesuaikan alas bedak dengan jenis dan warna kulit wajah. 

"Selama ini orang berpikir kalau memilih foundation  yang satu warna di atas warna kulitnya, padahal seharusnya harus disesuaikan juga dengan kebutuhan," kata Adi Wahono, Make-Up Artist, saat peluncuran Wonderwear Ultima II di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Adi mengatakan, sebaiknya setiap wanita memiliki dua warna alas bedak yang berbeda. "Untuk make-up sehari-hari, paling tidak Anda memiliki dua warna foundation yang berbeda. Namun, kalau untuk make-up ke acara formal dan pesta, paling tidak gunakan tiga warna foundation," ujarnya. 

Pertama, warna yang sesuai dengan warna kulit, supaya wajah terlihat lebih halus dan mulus. Kedua yang lebih terang untuk highlight  wajah, supaya bentuk dan kontur wajah terpulas sempurna. Lalu jika diperlukan, warna alas bedak yang lebih gelap, gunanya untuk menciptakan ilusi wajah agar terlihat lebih tirus, atau yang lebih dikenal dengan istilah teknik rias shading.  

Varian alas bedak beda warna ini bisa diaplikasikan bergantian sesuai dengan kebutuhan koreksi kulit dan bentuk wajah. Misalnya, untuk menyamarkan bekas jerawat, Anda bisa menggunakan alas bedak sesuai warna kulit. Lalu, untuk membuat wajah lebih tirus di bagian dagu, aplikasikanlah alas bedak warna lebih gelap sebagai shadding di bagian dagu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X