Kompas.com - 28/04/2014, 14:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna


TANYA:

Dear Dokter,  gigi putri kami yang baru berusia 20 bulan mengalami karies yang sudah pada status moderate decay.  Apakah benar jika sudah dalam kondisi ini gigi sudah harus ditambal agar karies tidak bertambah parah? Tapi putri kami belum mampu duduk diam untuk diutik-utik giginya di klinik. Untuk proses sikat giginya saja sudah cukup sulit.

Jadi apa yang bisa saya lakukan Dok, mengingat sampai sekarang saya masih memberikan ASI. Apakah saya butuh minum multivitamin yang mengandung kalsium tinggi? mohon arahannya Dok, terima kasih.

(Tanaya, Samarinda)

JAWAB:

Ibu Tanaya di Samarinda,
Kondisi gigi berlubang (karies) pada anak Anda saat ini telah mencapai tahap karies sedang, yang artinya sudah mengalami pembusukan (infeksi) sampai ke lapisan gigi yang kedua yaitu lapisan dentin.

Tentu saja karies pada tahap ini perlu dilakukan penambalan, untuk mencegah terjadinya infeksi gigi lebih dalam lagi, serta untuk merangsang pembentukan lapisan gigi baru melalui pemberian bahan tambal yang dapat merangsang pengembalian mineral-mineral gigi.

Proses perawatan gigi pada anak diperlukan kerjasama yang baik antara dokter gigi dan orang tua. Anda dapat mendatangi Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak (Drg., SpKGA) yang memang mendalami ilmu untuk merawat gigi anak sesuai kondisi psikologis anak. Anda juga dapat memilih klinik atau rumah sakit yang suasananya disukai anak, tidak menakutkan, dan nyaman bagi anak anda.

Pada kunjungan pertama biasanya hanya dilakukan pengenalan terhadap dokter gigi, ruangan dan alat. Pada kunjungan kedua, barulah dapat dilakukan tindakan medis pada anak sesuai diagnosa. Anda sebagai orang tua juga harus memberikan dukungan penuh terhadap anak, jangan menampakkan sikap yang terlalu protektif, memanjakan, atau bahkan memarahi anak.

Anda juga dapat membawa serta mainan kesukaan anak anda, misalnya boneka kesayangannya. Sehingga anak menjadi lebih semangat untuk berkunjung ke dokter gigi. Dengan demikian anak diharapkan dapat kooperatif selama menjalani perawatan oleh dokter gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X