Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2014, 09:56 WIB
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Bila ingin bisnis sukses, kita harus mampu menjadi bos untuk diri sendiri. Menjadi bos untuk diri sendiri gampang-gampang susah. Gampang karena kita yang punya kendali, susah karena kadang, harus melawan kemalasan diri sendiri. Ungkap Melinda F. Emerson dalam bukunya Become Your Own Boss In 12 Months.

Bila “terlena”, sebagai pebisnis pemula kita terancam kehilangan produktivitas yang membuat bisnis sulit melesat. Untuk itu, ada lima aturan yang harus dipatuhi ketika Anda memutuskan jadi bos untuk diri sendiri.

1. Kontrak kerja
Walau tak berbentuk perjanjian hitam di atas putih, sebagai pemilik bisnis kita tetap memerlukan panduan job desc untuk diri sendiri agar bisa fokus dan produktif.

2. Pilih tangan kanan terpercaya
Walau sedang enggak mood  kerja, saat menjadi pegawai kantoran kita tetap harus menyelesaikan laporan karena ada bos yang mengawasi. Namun, ketika jadi bos untuk diri sendiri hal itu takkan  kita temui. Agar tak kelamaan bersantai, milikilah partner kerja yang bisa mengingatkan kita bila produktivitas mulai menurun.

3. Review kerja
Tak hanya karyawan yang perlu Anda review kinerjanya, diri sendiri pun sama. Kesalahan sebagian besar bos ialah lupa “bercermin” sehingga sulit berkembang. Jangan ragu meminta pendapat karyawan atas kinerja Anda sebagai atasan selama ini.

4. Investasi profesional
Percaya pada diri sendiri itu baik, tapi akan lebih baik bila kita mau terus belajar untuk mengembangkan kemampuan diri sekaligus bisnis. Jadi, mulailah berbagi pengalaman dengan para pebisnis lain, bisa dengan ikut komunitas atau membaca buku atau bisa  juga ikut pelatihan.

5. Buat timeline target
Buatlah target bulanan, target akan membawa kita untuk terus berkembang dan tak mudah terlena dan terjebak dalam kesuksesan sementara.

Nah, buat Anda yang memilih untuk jadi bos untuk diri sendiri, mulailah terapkan aturan di atas agar sukses menjalani pekerjaan.

(CHIC/Ayunda Pininta Kasih/Turi Miasih)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.