Kompas.com - 02/07/2014, 10:00 WIB
Ilustrasi makanan berserat. www.shutterstock.comIlustrasi makanan berserat.
|
EditorSyafrina Syaaf

KOMPAS.com - Anda pasti sudah tahu beragam manfaat sayuran untuk tubuh. Namun, apakah Anda sudah tahu cara menyimpannya dengan tepat dalam lemari pendingin?

Berikut beberapa tip untuk menyimpan sayuran agar bisa disimpan lebih lama:

Pisahkan sesuai jenis sayuran
Ada berbagai macam jenis sayuran yang tersedia di pasaran. Setelah belanja sayuran, pisahkan sayuran sejuai jenisnya. Kemudian, simpan dalam laci sayuran secara teratur.  

Cara mencuci sayuran
Anda harus ingat bahwa beberapa jenis sayuran seperti kentang atau bawang tidak perlu dicuci terlebih dulu sebelum disimpan. Pencucian sayuran umbi akar (sayuran seperti kentang dan bawang) akan membuatnya jadi mudah busuk.

Sayuran hijau sebaiknya dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan air dingin. Jika tak ingin langsung diolah, sayuran harus dikeringkan dan disimpan dalam wadah terpisah dengan sayuran kotor lainnya. Sebab, sayuran yang basah akan membusuk lebih cepat.

Simpan secara terpisah
Sebaiknya simpan sayur dan buah dalam rak pendingin yang berbeda. Tujuannya, agar kedua bahan makanan ini tidak saling memengaruhi kesegaran masing-masing. Perlu Anda ketahui bahwa Buah mengandung gas etilen (senyawa gas yang bisa mempercepat pematangan atau pembusukan) yang bisa membuat sayur jadi mudah busuk.



Sumber idiva
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X