Mantan Promotor Tinju Dunia Ganti Kelamin Jadi Wanita

Kompas.com - 14/08/2014, 16:00 WIB
Kellie Maloney MirrorKellie Maloney
|
EditorSyafrina Syaaf


KOMPAS.com — Setelah seorang model pria Andrej Pejic memilih mengganti kelamin sebagai wanita. Kini, giliran mantan promotor tinju Frank Maloney (61 tahun) yang mengumumkan telah memilih hidup menjadi seorang wanita. Mantan promotor bintang tinju Lennox Lewis ini menganjurkan kepada orang lain untuk memanggilnya dengan nama Kellie.

Menurut Maloney, transformasi jendernya ini tidak dilakukan secara mendadak. Sebelumnya, ia mengungkapkan telah menjalani terapi hormon, elektrolisis perontokan rambut, pembinaan perubahan suara, dan konseling dengan spesialis selama dua tahun terakhir.

"Saya lahir di tubuh yang salah. Saya selalu tahu kalau saya adalah seorang wanita, saya tak bisa terus hidup dalam bayang-bayang. Itulah sebabnya saya melakukan hal ini. Hidup pura-pura lebih lama akan membunuh saya," kata Maloney.

Sebenarnya, semenjak lama dirinya sudah merasakan dan mengetahui bahwa dia memiliki otak perempuan. "Saya tahu saya berbeda dari anak-anak lainnya sejak menit pertama bertemu. Saya tidak ada di tubuh yang tepat, dan saya cemburu dengan anak-anak perempuan," katanya.

Namun, semua itu, segala yang menurutnya "salah", sekarang telah dikoreksi secara medis. Dalam wawancara dengan Sunday Mirror, Maloney mengatakan bahwa ia tidak pernah mengatakan kepada siapa pun (saat bekerja di dunia tinju) tentang kegalauannya ini.

"Bisakah Anda bayangkan, saya berpakaian seperti perempuan dan harus berada di wilayah ring tinju? Saya bisa membayangkan apa yang akan mereka katakan," ujarnya.

Harapan Maloney sekarang adalah agar masyarakat memahami pilihannya ini dengan pikiran terbuka. Sebab, ia sudah berdamai dengan kegalauan mengenai jender dan hasrat yang dahulu selalu bertentangan dalam dirinya.

Menanggapi perubahan jender Maloney, Lennox Lewis berpikir lebih bijak. "Dunia yang kita hidupi ini tidak selalu hitam dan putih. Aku dan Maloeny sama-sama tergabung dalam persaudaraan tinju, saya hanya bisa membayangkan bahwa ini adalah keputusan yang sulit untuknya. Tetapi, saya berpikir kalau semua orang berhak menjalani kehidupannya dengan cara yang menurutnya paling harmonis dan damai. Saya menghormati keputusannya," kata Lewis.

Saat ini, Kellie Maloney berencana untuk membantu, mendukung, dan memperjuangkan nasib orang-orang transjender lainnya di luar sana.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X