Kompas.com - 25/08/2014, 11:44 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Mengajarkan tanggungjawab pada anak tak melulu bersifat akademis, seperti mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah, mendapatkan nilai terbaik, dan sebagainya. Sebenarnya, banyak pekerjaan rumah yang bisa Anda aplikasikan pada anak sembari memberikan sejumlah pelajaran berharga. Seperti terurai berikut ini:

1. Merapihkan tempat tidur
Membiasakan anak merapihkan tempat tidur merupakan pengajaran mengenai tanggung jawab yang patut diterapkan pada anak semenjak usia dini. Lewat cara ini Anda bisa sekaligus mengajarkan soal warna, tata letak kamar, dan manfaat kerapihan sebuah ruangan.

2. Menyiram tanaman
Kebanyakan anak-anak sangat menyukai tugas ini karena mereka bisa sekalian bermain air. Selain itu, si kecil juga dapat belajar tentang tumbuhan dan hewan di lingkungan sekitar.

3. Bertanggungjawab dengan mainan sendiri
Merapihkan mainan sungguh pekerjaan yang membuat lelah para ibu. Sayangnya, Anak balita sangat mudah menuangkan seluruh isi kotak mainan lalu setelah bosan maka ditinggalkan begitu saja. Mengajarkan anak membereskan mainannya sendiri adalah ide baik untuk membuat anak lebih bertanggung jawab dan merawat apa yang mereka miliki.

4. Membuang sampah di tempatnya
Bangun kepedulian anak terhadap lingkungan semenjak dini. Salah satunya dengan menerapkan disiplin membuang sampah pada tempatnya. Jangan lupa juga sampaikan pada anak bahaya membuang sampah sembarangan, misalnya menyebabkan banjir, sumber penyakit, dan sebagainya.

5. Memberi makan hewan peliharaan
Jika Anda memiliki hewan peliharaan dirumah seperti ikan, anjing, atau kucing. Ajarkanlah anak untuk memberi makan hewan peliharaan tersebut. Dengan demikian Anda telah mengajarkan anak bagaimana menyayangi makhluk hidup lainnya di dunia.  

6. Memilih buku dongeng sendiri
Anda dapat mempraktekan hal ini sebelum membacakan dongeng untuk anak Anda. Cara ini mengajarkan betapa pentingnya kebebasan memilih yang bertanggung jawab dan beropini pada anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.