Khasiat Kunyit Putih yang Bisa Sembuhkan Kanker

Kompas.com - 07/09/2014, 09:44 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com
– Pengobatan herbal atau yang berasal dari tumbuhan alami kini menjadi alternatif dari pengobatan medis konvensional. Herbal tak hanya diyakini dapat menyembuhkan penyakit biasa. Tumor ganas atau kanker sekalipun bisa disembuhkan.

Pengobatan herbal untuk kanker sendiri telah dibuktikan oleh Eko Wahjuni. Wahjuni adalah seorang dokter yang menderita kanker di payudara, ovarium, paru-paru, usus halus, hingga kandung kemih. Ia cukup mengonsumsi kunyit putih atau kunir putih untuk mematikan kanker dalam tubuhnya.

Wahjuni menjelaskan, kunyit putih mengandung zat ribosome inactivating protein (RIP). Di dalam tubuh, zat ini akan menempel ke dalam sel tubuh yang kurang normal. Zat ini kemudian membuat sel tersebut tak lagi berkembang biak. Sel pun memiliki batasan umur sehingga setelah lama tidak berkembang biak, sel kanker tersebut akan mati.

“Kunir putih tidak membunuh, tapi membuat sel kanker mandul atau tidak berkembang,” jelas Wahjuni saat ditemui di Rumah Sakit Siloam, TB Simatupang, Sabtu (6/9/2014).

Wahjuni mengenal tumbuhan ini turun temurun dari nenek moyangnya. Khasiat kunyit putih yang ia temui ini kemudian diteliti lebih lanjut oleh sejumlah dosen kedokteran di Universitas Gajah Mada (UGM).

Untuk konsumsi kunyit putih sebagai obat, yaitu dengan mengambil ekstraknya yang kemudian dimasukkan ke dalam kapsul. Setelah itu kapsul diminum sesuai dosis yang resepnya bisa diberikan oleh Wahjuni. Dosis yang diberikan akan sesuai dengan diagnosa kanker yang diderita dan pengobatan yang telah dilakukan.

"Tapi semua itu hak prerogatif, keluarga bagaimana, apakah mendukung atau tidak dengan pengobatan ini," jelas Wahjuni.

Selain itu, tak sembarang tanaman kunyit putih yang digunakan. Kunyit putih untuk obat kanker ini harus ditanam dengan bebas peptisida. Kunyit putih dalam bentuk kapsul pun dibuat tanpa bahan pengawet dan monosodium glutamat.

Khasiat kunyit putih ini juga telah dibuktikan oleh Betty Sitorus yang pernah menderita kanker payudara. Setelah sembuh total dari kanker, ia tak perlu lagi mengosumsi kunyit putih. Hanya saja, harus tetap menjaga pola makan yang sehat.

Selain kunyit putih, ada beberapa tumbuhan lain yang berkhasiat mengobati kanker, yaitu mahkota dewa, mengkudu, dan daun sirsak.

Wahjuni meyakini Tuhan telah menciptakan tumbuhan dengan manfaat di dalamnya. “Saya percaya, sebaik-baiknya bubuk buatan manusia, lebih baik buatan tuhan,” kata dia.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X