Kompas.com - 14/02/2015, 21:00 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

 

KOMPAS.com – Mengetahui seperti apa kepribadian Anda saat bekerja, mungkin akan bermanfaat bagi Anda. Shane Atchinson, CEO of Possible, sebuah firma marketing yang berpusat di New York, berbagi tentang tujuh kepribadian yang kerap dijumpai saat berada di tempat kerja. Jika diperhatikan dengan seksama, kepribadian mana yang sesuai dengan Anda?

1. Optimis.
Pekerja tipe optimistis adalah orang yang menyukai bekerja di perusahaanya dan percaya akan budaya perusahaan. Jika mereka menemukan pekerjaan, mereka akan berinisiatif menemukan solusi. Atchison menjelaskan, kalau pekerja dengan tipe ini biasanya adalah orang yang terorganisir dan secara antusias mendukung anggota tim lainnya. Jika tipe ini cocok dengan Anda, carilah mentor yang hebat untuk membimbing, tetaplah terbuka, dan jangan pernah pedulikan komentar rekan kerja yang negatif.

2. Penghadang.
Penghadang selalu menemukan alasan untuk mengatakan tidak. Perusahaan mungkin menyukai mereka karena terkesan detail, perhatian dan cermat. Tetapi menurut Atchison tipe ini sebenarnya dapat membuyarkan segala bentuk kegembiraan, dan pada akhirnya tidak akan memotivasi tim yang ada. Jika ini Anda, cobalah untuk jujur dan berani mengambil resiko. Terkadang sesuatu yang baik bisa terjadi.

3. Pekerja keras.
Selalu tiba lebih awal, dan pulang paling akhir. Tipe seperti ini percaya bahwa perusahaan akan membayar semua pengorbanan yang mereka lakukan. Jika Anda melihat diri Anda sebagai tipe ini, Atchison menyarankan untuk coba mengatur waktu untuk lebih memanfaatkan waktu dengan kembali ke rumah lebih awal. Ambilah cuti liburan jika memungkinkan. Anda cukup kreatif dalam mencari solusi namun dapat jauh dari sikap optimis dan menghancurkan diri Anda sendiri.

4. Egois.
Tipe egois senang menyalahkan orang lain, suka membanggakan diri, dan terbilang licik. Mereka lebih memilih agenda pribadi, dan tidak ingin melangkah terlalu jauh dalam pekerjaan kantor maupun dalam menjalin pertemanan di tempat kerja. Atchison mengatakan tipe ini lebih percaya kalau selalu ada jalan pintas untuk mencapai kesuksesan. Jika ini Anda, sadarlah bahwa untuk menjadi sukses adalah dengan cara berpikir optimis. Berhentilah mencari jalan pintas, dan jadilah pribadi yang lebih baik.

5. Pengasuh.
Jika dekat dengan orang optimis, tipe ini akan menjadi pencari solusi, jika ia dekat dengan orang yang mengeluh, ia akan menyediakan telinga untuk mendengar segala keluh kesah. Atchinson mengatakan manajemen atau pengaturan kerja adalah kekuatan dari si pengasuh. Jika ini adalah tipe Anda, bertemanlah dengan tipe optimis, ia akan banyak menolong Anda dalam dunia karir.

6. Realistis.
Selalu mengatakan hal yang apa adanya. Tipe realistis sangat baik bekerja di bidang keuangan. Umumnya pekerja dengan karakter ini terbilang kurang kreatif. Jika Anda termasuk salah satunya, ingatlah bawa kejujuran terkadang harus disampaikan dalam waktu yang tepat.

7. Pengeluh.
Tipe seperti ini pasti ada di tiap perusahaan. Mereka biasanya sangat peduli terhadap hal-hal detail yang kurang dari perusahaan. Menurut Atchison tipe ini sangat cocok bekerja di dunia asuransi, yang memang bekerja mencari banyak  kesalahan. Cobalah untuk makan siang bersama dengan orang tipe yang sama dengan Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.