Hati-hati, Polusi Sebabkan Kulit Alami Penuaan Dini

Kompas.com - 07/03/2015, 17:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana
KOMPAS.com - Bagi seorang wanita, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah hal terpenting. Apalagi, kulit berisiko terpapar sinar matahari dan polusi serta semakin dapat menunjukkan tanda-tanda penuaan seiring bertambahnya usia. Namun, tahukah Anda bahwa polusi dan radikal bebas di udara merupakan faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit?

"Meskipun kulit dirancang untuk menahan elemen-elemen lingkungan seperti polusi, namun polusi dapat mengubah fungsi penahan kulit," ujar Dr Daniel Stangl, Direktur Inovasi di La Prairie, sebuah perusahaan produk kecantikan.

Dr Stangl mengungkapkan, fungsi penahan pada kulit tersebut menangkal zat-zat menggangu yang akan masuk atau sudah berada di dalam pori-pori. Selain itu, fungsi tersebut juga menyimpan kelembapan, nutrisi, dan kesehatan kulit. Iritasi dapat menyebabkan fungsi ini tidak dapat bekerja menangkal radikal bebas dengan baik. "Radikal bebas dapat menghancurkan matriks ekstraselular, sel kulit, struktur sel, serta biomolekul inti seperti DNA dan protein," jelas Dr Stangl. 

Salah satu efek negatif terbesar pada kulit yang disebabkan oleh polusi, dapat dengan mudah dilihat, dan menyebabkan penuaan kulit adalah dehidrasi. Sebab, polusi melemahkan fungsi penahan kulit, sehingga kulit tidak mampu menjaga kelembapannya. Ini menyebabkan kulit cenderung kering, tidak padat, dan terlihat lebih tua. 

Lalu, bagaimana mencegah penuaan kulit yang disebabkan oleh polusi? Menurut Dr Stangl, Anda dapat memperkuat fungsi penahan kulit tersebut dengan melembabkan kulit. Caranya, pakailah produk yang mengandung antioksidan dan zat yang mampu memperkuat kulit seperti asam hyaluronik. 

"Pakai juga produk yang mengandung komposisi seperti ceramid, kolesterol, biotin, dan beberapa jenis asam lemak sepesifik. Komposisi tersebut akan membentuk lapisan yang protektif dan menyimpan air pada permukaan kulit," tutur Dr Stangl.

Ternyata polusi udara dapat dengan mudah merusak kulit dan membuatnya menua lebih cepat. Oleh karena itu, pastikan kulit Anda terlindung dengan baik. Salah satu caranya, adalah menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki fungsi melembapkan dan melindungi dari zat-zat jahat penyebab masalah kulit. 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X