Ini Alasan Mengapa Pentingnya Memiliki Hobi

Kompas.com - 27/04/2015, 16:00 WIB
SHUTTERSTOCK Ilustrasi

 

KOMPAS.com — Punya aktivitas kegemaran atau hobi bukan hanya berguna untuk menghilangkan penat. Berdasarkan penelitian terbaru, ada manfaat yang jauh lebih besar dari hal tersebut, yakni membuat hidup Anda jauh lebih sehat serta mampu menjauhkan Anda dari segala macam penyakit.

Matthew Zawadzki, assistant professor of psychology di University of California, menganalisis detak jantung dan tingkat stres dari 115 orang dengan rentang usia 20 hingga 80 tahun untuk mencari tahu aktivitas mana yang menghasilkan tingkat stres paling rendah. Partisipan juga diminta untuk menuliskannya dalam buku harian mengenai aktivitas yang dijalani dan perasaannya saat menjalani kegiatan tersebut.

Hasilnya, responden yang menjalani hobinya memiliki detak jantung dan tingkat stres yang lebih rendah. Selain itu, sebanyak 18 persen responden juga merasa lebih bahagia setelah melakukan aktivitas tersebut.

"Kita masih bicara mengenai jangka pendek, tetapi dipastikan ada efek yang lebih baik untuk jangka panjang. Sangat masuk akal jika hobi dapat meningkatkan kesehatan bagi jangka waktu yang panjang," ujar Zawadzki.

Di Amerika, stres menjadi penyakit yang tak dapat dicegah dan paling banyak terjadi. Pada akhirnya, stres dapat berujung menimbulkan penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, hingga hormon yang tak seimbang. Jika Anda sampai sekarang masih belum menemukan aktivitas yang Anda sukai, atau belum sempat menyalurkan hobi Anda, luangkanlah sedikit waktu untuk melakukannya.


EditorAlvin Dwipayana

Close Ads X