Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 01/06/2015, 09:00 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana


KOMPAS.com -
Operasi atau bedah plastik untuk estetika wajah, kini kian digemari akibat standar kecantikan yang semakin meningkat. Tuntutan gaya hidup, membuat sebagian orang akhirnya memutuskan untuk mempercantik dirinya dengan cara yang lebih instan. Meski tak ada peraturan tertulis, baiknya perlu juga diperhatikan usia minimum yang dianjurkan para ahli saat melakukan hal ini.

Lewat wawancara Kompas Female bersama spesialis bedah plastik, dr Teuku Adifitrian yang dikenal juga sebagai dr Tompi, diketahui usia minimum untuk pasien yang ingin melakukan tindakan bedah plastik "Sebenarnya syarat utama adalah pasien sudah cukup dewasa untuk tahu apa keinginanya untuk dapat mengambil langkah yang matang," ujar dokter Tompi.

Faktor emosional menjadi salah satu hal paling penting untuk memutuskan prosedur operasi plastik. "Usia 14 tahun keatas paling minimal jika dari pertimbangan emosional," jelas dr Tompi. Sedangkan untuk pertimbangan fisik, dr Tompi menjelaskan bahwa tubuh dan wajah akan terus mengalami pertumbuhan hingga mencapai usia tertentu. 

"Tulang bertambah besar, wajah juga mengalami perubahan karena adanya pertumbuhan rangka," tambahnya lagi. Menurut dr Tompi, pada usia 14 tahun beberapa daerah tulang wajah memiliki kecenderungan berubah bentuk, kemudian pada usia 17 tahun biasanya seluruh bagian wajah menemukan bentuk yang pasti, hingga mulai berkurangnya perubahan saat memasuki usia 21 tahun. Di usia ini, bagian wajah hanya mengalami sedikit perubahan. Jadi saat berusia 14 sampai 17 tahun ini, menurut dr Tompi, pengubahan wajah dengan cara operasi atau bedah plastik sudah dapat dilakukan.

Dokter Tompi sendiri mengaku, rata-rata pasien yang mendatanginya telah berusia di atas 17 tahun dan dewasa. Apabila memang ada yang berusia di bawah 17 tahun, dr Tompi mewajibkan adanya pendampingan dari orangtua. "Biasanya orangtua hanya mendukung dan memberi support. Tapi tetap saya tanyakan kembali, apakah keinginan perubahan bentuk wajah dengan operasi atau bedah plastik ini memang keinginan sang anak, bukan keinginan orang-orang lain di sekitarnya," ujar dr Tompi. 

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke