Kompas.com - 02/07/2015, 17:00 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com - Ada sebagian orang yang memandang bahwa pasangan yang memiliki keunggulan dalam penampilan fisik berarti unggul dalam membangun hubungan asmara yang langgeng dan romantis. Namun, ternyata tidak demikian adanya. Studi mengungkapkan bahwa penampilan fisik tidak menjamin kualitas hubungan asmara.

Sebuah studi menyelidiki pengetahuan di balik hubungan yang dekat, dipimpin oleh psikolog Lucy Hunt dan dipublikasikan pada jurnal Psychological Science edisi bulan Juni 2015. Tim peneliti yang dipimpin Hunt tersebut mengadakan survei terhadap 167 pasangan yang menikah atau berpacaran.

Para peneliti menanyakan setiap pasangan untuk memberikan rata-rata terhadap tingkat kepuasan yang saat ini mereka rasakan dalam hubungan yang tengah dijalani. Mereka juga mengukur ketertarikan setiap pasangan dengan meminta sekelompok mahasiswa menilai penampilan fisik para pasangan.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa kecantikan fisik tidak berkaitan dengan kepuasan dalam hubungan asmara. Pasangan yang tidak menilai tinggi penampilan fisik justru merasa bahagia dalam hubungan asmara yang mereka jalani saat ini.

"Kami menemukan bahwa pasangan yang memiliki penampilan fisik yang baik tidak lagi merasa puas terhadap hubungan mereka ketimbang pasangan yang kurang memiliki penampilan yang baik. Kami tidak menemukan adanya kaitan antara keserasian dalam kecantikan penampilan dan kepuasan terhadap hubungan, baik pada pria maupun wanita," jelas Hunt.

Menurut Hunt, kecantikan fisik memang masih dianggap sebagai karakteristik yang paling diidamkan dalam hubungan asmara. Memiliki pasangan yang cantik atau tampan biasanya sangat berpengaruh bagi orang-orang yang melihat mereka.

Hunt menyatakan bahwa penelitian lanjutan harus dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecantikan fisik dalam hubungan asmara. Namun, studi ini dapat memberikan pelajaran bahwa penampilan bukanlah segalanya. Sebaliknya, pertimbangkan pula kualitas diri lain dalam pasangan, seperti kecerdasan, kejujuran, kerendahan hati, dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.