Dampak Negatif Orangtua yang Panik Saat Anak Ujian Matematika

Kompas.com - 27/08/2015, 16:12 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Sebuah studi yang dipublikasikan Psychological Science di University of Chicago menemukan bahwa orangtua yang sering panik menjelang anak hadapi ujian matematika justru membuat hasil ujian sang buah hati anjlok. Apa pasal?

Menurut ketua penelitian, Erin A Maloney, rasa panik dan ketakutan orangtua bisa menular terhadap anak. Biasanya, kekhawatiran orangtua lebih tinggi saat periode ujian sekolah. Sebab, orangtua tentu selalu ingin agar anak mereka mendapatkan nilai terbaik di sekolah.

Oleh karena itu, Maloney menyarankan agar orangtua yang cenderung panik terkait ujian matematika yang dilakukan anak di sekolah sebaiknya jangan turut membantu anak belajar, kecuali orangtua bisa mengatur tingkat kepanikannya itu dengan baik.

Hasil studi Maloney menjelaskan, rasa panik orangtua ini terlihat saat sedang membantu anak belajar. Orangtua jadi lebih galak dan obsesif. Tanpa disadari, cara ini berakibat buruk terhadap psikologis anak.

Sebanyak 400 anak murid diteliti oleh Maloney dan rekan. Hasilnya ditemukan bahwa anak yang mendapatkan nilai matematika tinggi mengaku bahwa orangtua mereka membantu mereka belajar dengan cara menyenangkan dan santai. Sebaliknya, responden anak yang memperoleh nilai rendah pada ujian matematika mengatakan bahwa mereka memiliki rasa takut saat hari ujian karena malam sebelumnya orangtua sudah "menakuti-nakuti" dan cenderung lebih pemarah saat sedang menemani belajar matematika.

Selain itu, Maloney juga mengatakan, rasa gelisah dan panik orangtua ini tak berpengaruh hanya saat anak ujian matematika, tetapi juga membentuk karakter anak menjadi lebih pasif dan mudah takut terhadap tantangan akademis lainnya.



Sumber USA Today
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X