Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Pasangan Suami Istri Tidak Terbuka soal Uang dan Utang

Kompas.com - 03/09/2015, 20:11 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com -–
Saling berbagi, merupakan hal lumrah terhadap pasangan suami istri. Namun, sebuah studi, menguak beberapa fakta yang mengatakan bahwa tak sedikit suami istri yang menyembunyikan jumlah penghasilan mereka yang sesungguhnya.

Sebuah survei yang dilakukan agen pengumpulan kredit di Inggris, Noddle, mengungkapkan bahwa hanya ada 56 persen pasangan menikah di Inggris yang tahu pendapatan pasangannya. Sisanya, 43 persen pasangan, tak tahu menahu soal pendapatan pasangannya.

Lewat survei yang dilakukan terhadap 2.000 pasangan di Inggris ini, terungkap juga alasan utama mengapa para pasangan yang menjadi responden tak tahu pendapatan pasangannya. Alasan tersebut ternyata karena malu membicarakannya.

Ternyata, meski sudah menikah, sejumlah pasangan masih menganggap topik finansial hal yang tabu untuk diperbincangkan. Bahkan, topik tersebut terbilang lebih dihindari ketimbang membicarakan soal pindah rumah bersama, bertunangan, dan memiliki anak.

Selanjutnya, para responden mengaku, mereka mulai membicarakan masalah finansial saat mereka sudah tinggal bersama (67 persen), menjelang hari pernikahan menikah (50 persen), dan satu di antara empat pasangan baru mengetahui pendapatan pasangan saat mereka menunggu kelahiran bayi.

Entah optimis atau tak ingin berpikiran negatif, tapi seperempat responden percaya bahwa pasangan mereka sama sekali tak memiliki utang. Padahal, data di Inggris menunjukkan rata-rata rumahtangga di Inggris memiliki utang sebesar 10.000 poundsterling atau setara dengan Rp 215 juta.

Fakta menarik lainnya, saat ditanya apa yang dilakukan oleh responden saat tahu pasangannya memiliki utang yang tinggi? Seperempat responden menjawab memilih jaga jarak hingga persoalannya itu selesai.

Jacqueline Dewey dari Noodle mengatakan, "Penelitian kami menunjukan masih banyak pasangan yang malu membicarakan soal uang. Padahal ini dapat memberi pengaruh dari keputusan finansia, tak terkecuali hubungan Anda,".

Menurut Dewey, mengetahui kesehatan finansial pasangan sangat penting untuk hal-hal krusial seperti mengajukan kredit rumah atau aset lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com