Kompas.com - 03/09/2015, 20:11 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com -–
Saling berbagi, merupakan hal lumrah terhadap pasangan suami istri. Namun, sebuah studi, menguak beberapa fakta yang mengatakan bahwa tak sedikit suami istri yang menyembunyikan jumlah penghasilan mereka yang sesungguhnya.

Sebuah survei yang dilakukan agen pengumpulan kredit di Inggris, Noddle, mengungkapkan bahwa hanya ada 56 persen pasangan menikah di Inggris yang tahu pendapatan pasangannya. Sisanya, 43 persen pasangan, tak tahu menahu soal pendapatan pasangannya.

Lewat survei yang dilakukan terhadap 2.000 pasangan di Inggris ini, terungkap juga alasan utama mengapa para pasangan yang menjadi responden tak tahu pendapatan pasangannya. Alasan tersebut ternyata karena malu membicarakannya.

Ternyata, meski sudah menikah, sejumlah pasangan masih menganggap topik finansial hal yang tabu untuk diperbincangkan. Bahkan, topik tersebut terbilang lebih dihindari ketimbang membicarakan soal pindah rumah bersama, bertunangan, dan memiliki anak.

Selanjutnya, para responden mengaku, mereka mulai membicarakan masalah finansial saat mereka sudah tinggal bersama (67 persen), menjelang hari pernikahan menikah (50 persen), dan satu di antara empat pasangan baru mengetahui pendapatan pasangan saat mereka menunggu kelahiran bayi.

Entah optimis atau tak ingin berpikiran negatif, tapi seperempat responden percaya bahwa pasangan mereka sama sekali tak memiliki utang. Padahal, data di Inggris menunjukkan rata-rata rumahtangga di Inggris memiliki utang sebesar 10.000 poundsterling atau setara dengan Rp 215 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fakta menarik lainnya, saat ditanya apa yang dilakukan oleh responden saat tahu pasangannya memiliki utang yang tinggi? Seperempat responden menjawab memilih jaga jarak hingga persoalannya itu selesai.

Jacqueline Dewey dari Noodle mengatakan, "Penelitian kami menunjukan masih banyak pasangan yang malu membicarakan soal uang. Padahal ini dapat memberi pengaruh dari keputusan finansia, tak terkecuali hubungan Anda,".

Menurut Dewey, mengetahui kesehatan finansial pasangan sangat penting untuk hal-hal krusial seperti mengajukan kredit rumah atau aset lainnya.



Sumber Dailymail
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.