Kompas.com - 04/11/2015, 07:23 WIB
Gaya vintage mengadaptasi fashion era tahun 1920-an hingga 1960-an ThinkstockGaya vintage mengadaptasi fashion era tahun 1920-an hingga 1960-an
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Gaya vintage atau retro, mana yang Anda pilih? Keduanya sama-sama memiliki karakter old fashioned. Namun, seiring berkembangnya zaman keduanya tetap populer di dunia fashion hingga kini.

Vintage dan retro cukup dikenal oleh kalangan masyarakat urban saat ini. Tapi, masyarakat awam sulit membedakan keduanya yang sama-sama bergaya 'jadul'.

Namun, bila diperhatikan secara detail ada perbedaan yang cukup mendasar antara kedua jenis tren fashion tersebut. Vintage merupakan fashion yang diadaptasi pada era 20-an sampai 60-an, sedangkan retro mengadaptasi gaya pada tahun 70-an hingga 90-an.

Berikut perbedaan gaya berbusana dari kedua tren fashion tempo dulu.

Bergaya vintage

Gaya fashion era tahun 20-an sampai 60-an ini cukup erat dengan tren berbusana yang lebih feminim. Penggunaan warnanya pun lebih soft.

Selain itu, desain yang digunakan pada gaya tempo dulu ini tak lepas dari motif bunga, polkadot, garis-garis dan polos. Tak hanya itu, tambahan kerah bulat dengan pita termasuk ciri gaya berbusana tempo 60-an ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jenis rok A-Line atau flared skirt dibawah lutut hingga celana pendek di atas pinggang merupakan contoh berbusana vintage yang cukup populer. Seperti mengadaptasi street style vintage yang dipadukan rok di bawah lutut, t-shirt serta kardigan dapat Anda pilih menjadi busana harian.

Thinkstock Fashion retro cenderung lebih berani dalam menggunakan warna-warna cerah
Bergaya retro

Tren fashion era 70-an sampai 90-an ini lebih terkesan glamour dan berani menunjukkan warna dan modenya. Kehadirannya cukup dipengaruhi selebriti dunia pada masa itu, seperti Elvis Presley dan Michael Jackson.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X