Punya Bayi Tak Berarti Anda Harus Kehilangan Sahabat

Kompas.com - 22/11/2015, 13:30 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com –
Sahabat yang baik akan selalu menerima kelebihan dan kekurangan Anda. Aturan serupa berlaku di setiap waktu dan kondisi. Salah satunya ketika Anda baru saja melahirkan dan membuat Anda begitu sibuk mengurus sang bayi kesayangan.

Kenyataannya, menjaga hubungan persahabatan setelah Anda menikah dan memiliki anak, tak semulus harapan. Terutama jika sahabat Anda masih berstatus lajang.

Lalu, apakah ini berarti Anda harus memilih, keluarga atau sahabat?

Namun, percayalah, jika Anda adalah sahabat yang baik, maka Anda tidak akan terbersit pikiran harus memilih.

Sebab, yang perlu Anda lakukan adalah berkompromi dengan keadaan dan kenyataan.

“Sangatlah natural ketika ibu baru jatuh cinta dengan bayi mereka, sehingga mereka jadi memiliki sedikit energi untuk melakukan atau memikirkan hal lain,” terang Dr Irene Levine, Psikolog.

“Mengurus bayi pastinya mengonsumsi seluruh waktu Anda. Kondisi ini, membuat Anda kewalahan dan merasa hidup bukan lagi milik Anda sendiri. Pada waktu seperti ini sangat lazim untuk sejenak ‘cuti’ dari waktu bergaul dengan sahabat,” urainya.

Kesibukan baru sebagai seorang ibu, membuat Anda berpikir bahwa lebih menyenangkan untuk berteman dengan orang-orang yang juga memiliki anak.

“Kondisi ini sangat wajar dan memang terjadi pada banyak wanita. Namun, teman baru biasanya tidak bisa menggantikan sahabat lama” terangnya.

Tetap menyeimbangkan waktu antara kegiatan sebagai ibu dan kegiatan dengan sahabat, kata Levine, adalah kunci terbaik mempertahankan persahabatan.

“Ya, memang teman-teman baru Anda yang juga seorang ibu, Anda pikir, mereka yang Anda butuhkan. Namun, tidak selalu begitu. Saya banyak mendengar banyak wanita yang menyesal telah meninggalkan sahabat setelah punya anak,” jelasnya.

Kebersamaan dengan para sahabat lama, jelas Levine, juga diperlukan para ibu baru untuk tetap bahagia dan stabil.

“Bertemu sahabat dan meluangkan waktu bersama mereka adalah jembatan yang mengembalikan ibu baru pada kehidupan wanita dewasa,” pungkasnya.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X