Kompas.com - 01/12/2015, 19:08 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi
|
EditorLatief

KOMPAS.com – “Teng teng teng…”. Bunyi lonceng dan jejak kereta pacu sinterklas mendekat. Anak-anak segera tidur.

Sebelumnya, mereka menggantung kaus kaki di pohon natal yang berada dekat dengan sudut perapian. Saat tengah malam tiba, sinterklas masuk lewat cerobong asap rumah. Mengisi kaus kaki dengan kado-kado sesuai doa dan harapannya.

Begitulah mitos mengenai malam natal yang jamak diingat oleh banyak orang. Kisah sinterklas memberi kado, meskipun fiktif, tetap menjadi memori manis di kepala anak-anak.  Untuk melestarikannya, pemberian kado saat natal pun menjadi budaya tersendiri.

Apa saja serba-serbi persiapan kado natal? Simak ulasannya.

Perencanaan hadiah

Dari persiapan lainnya, pencarian kado bisa jadi yang tersulit karena menguras waktu. Agar mendapatan kado yang tepat untuk anggota keluarga, cobalah perhatikan hobi mereka. Selain itu, pikirkan juga kepribadiannya.

Sebagai cotoh, Anda bisa memberikan peralatan masak baru untuk Ibu di rumah. Cara lainnya, tanyakan langsung apakah orang yang akan diberi kado memiliki wishlist atau cari tahu tentang apa yang membuatnya senang.

Buat daftar

Agar tidak klebihan anggaran dan menguras kantong, buatlah daftar belanja kado dan persiapan anggarannya. Jika sudah punya gambaran, Anda juga bisa mencari kado-kado tersebut dari jauh-jauh hari.

Namun, saat momen hari raya seperti natal, biasanya beberapa pusat perbelanjaan menwarkan diskon besar. Cobalah memanfaatkan momen itu agar anggaran tepat guna.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X