Yuk, Mengenal Kain Poliester untuk Seragam Kerja - Kompas.com

Yuk, Mengenal Kain Poliester untuk Seragam Kerja

Kompas.com - 16/03/2016, 15:02 WIB
KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah S Proses pembuatan tekstil polyester yang berbahan dasar benang sintetis di pabrik PT Trisula Textile Industries, Cimahi, Jawa Barat, Selasa (28/10/2014).

BANDUNG, KOMPAS.com — Untuk membuat pakaian, terdapat beragam jenis tekstil atau kain yang dapat digunakan. Tekstil dapat bersumber baik dari bahan alami maupun buatan yang berasal dari bahan kimia. Secara umum, terdapat beberapa sumber bahan yang digunakan untuk menciptakan kain.

Salah satu bahan baku tersebut adalah sintetis yang merupakan bahan baku buatan yang berasal dari bahan kimia. Salah satu tekstil yang terbuat dari bahan sintetis adalah poliester yang berasal dari serat sintetis berbahan dasar minyak bumi.

"Ada juga bahan poliester daur ulang atau recycle poly yang benang mentahnya berasal dari pengolahan kemasan air mineral. Di negara-negara yang peduli lingkungan, sudah diwajibkan menggunakan recycle poly atau pakaian berlabel terbuat dari recycle poly," kata Lukas Ginting, Local Sales Manager PT Trisula Textile Industries, di Bandung, beberapa waktu lalu.

Lukas menjelaskan, kain poliester dibuat untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang dimiliki kain wol dan kain katun.

Sebab, kain wol bersifat panas saat dikenakan dan harga bahan maupun perawatannya cenderung mahal.

Adapun kain katun, meskipun ringan dan cocok bagi daerah tropis, memiliki sifat mudah kusut dan warna cepat pudar. 

"Poliester sedikit lebih panas dibandingkan katun, tetapi lebih sejuk dibandingkan wol," ujar Lukas.

Kain poliester pun dapat dibuat lebih memiliki ciri seperti wol atau disebut wool touch dan memiliki ciri seperti katun atau cotton touch.

Sebab, sifatnya yang demikian itu, kain berbahan poliester banyak digunakan untuk pakaian seragam, baik bagi pekerja di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Lukas mengungkapkan, pada dasarnya sifat pakaian seragam yang berbahan poliester adalah tahan lama. Selain itu, saat ini produk tekstil berbahan poliester juga dituntut untuk mengedepankan kenyamanan.

Trisula Textile Industries adalah salah satu produsen tekstil berbahan poliester yang menyasar pasar seragam, baik untuk ekspor maupun untuk domestik dengan merek Bellini, Caterina, dan JOBB.

Dengan kapasitas produksi mencapai 1 juta yard per bulan, perseroan memproduksi tekstil dengan pembagian 65 persen untuk penjualan domestik dan 35 persen ekspor.


Produk tekstil poliester buatan Trisula Textile Industries banyak digunakan sebagai bahan seragam berbagai instansi di Tanah Air. Selain itu, bahan poliester juga digunakan sebagai bahan seragam militer dan kepolisian.

Editor Syafrina Syaaf
Komentar
Close Ads X