Kompas.com - 01/04/2016, 06:16 WIB
Iklan Emma Watson di masa lalu yang dianggap tidak merefleksikan seorang wanita feminis. TELEGRAPH.COMIklan Emma Watson di masa lalu yang dianggap tidak merefleksikan seorang wanita feminis.
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Aktris Emma Watson selama ini dikenal bergerak aktif mendukung hak para wanita dan mendeklarasikan dirinya sebagai seorang feminis. 

Namun sayang, sebutan feminis tersebut berbalik menjadi negatif saat dirinya tampil menjadi model iklan pemutih wajah.

Watson sempat menjadi duta untuk produk Lancome di tahun 2011-2013.

Iklan pemutih kulit wajah Lancome pada era tersebut saat ini tersebar masif di internet.

Sebab, banyak netizen yang terkejut akan pilihan Watson mengiklankan produk kecantikan yang tak realistis.

Sebutan 'white feminist (feminis kulit putih)' disematkan kepada Watson setelah iklan tersebut beredar viral.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seorang netizen @ashnagesh lewat Twitter menulis, "Aku tak begitu peduli dengan selebriti, tetapi cukup kecewa dengan Emma Watson yang tampil sebagai model krim pemutih kulit,".

Ada pula @ClaireShrugged yang menulis, "Mengiklankan produk pemutih, Emma Watson berarti mendukung hirearki dari ras, warna kulit, dan persepsi standar kecantikan adalah putih,".

Saat ini Watson sudah tak menjadi duta untuk Lancome. Pihak Lancome juga menolak berkomentar mengenai iklan terdahulu Watson yang menjadi viral.

Sementara itu,humas  Watson, Luke Windsor, mengatakan, "Aku tak dapat berkomentar mengenai peraturan kontrak klienku dengan Lancome. Bagaimanapun klienku tak lagi berpartisipasi dalam iklan produk kecantikan, yang mana seringkali tak mencerminkan kecantikan wanita secara keseluruhan,"



Sumber Telegraph
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X