Yuk, Latih Keterampilan dan Minat Baca Si Kecil

Kompas.com - 24/04/2016, 17:02 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Setiap orangtua tentunya ingin mengembangkan dan meningkatkan kemampuan anak pada masa tumbuh kembang. Tahukah Anda bahwa Anda adalah guru terbaik anak.

Jadi, pastikan melalui komunikasi yang baik dengan anak, Anda mengajarkan banyak hal kepada si kecil, salah satunya meningkatkan kegemaran membaca.

Sebab, membaca adalah hobi yang bermanfaat bagi segala usia. Namun, sayangnya, mengajarkan si kecil untuk punya hobi membaca bukanlah hal yang mudah.

Berikut empat cara merangsang daya tarik anak agar semangat membaca:

1. Buku tipis

Jangan langsung memaksa dan mengharapkan anak berminat membaca buku yang tebal. Awalnya, coba tawarkan buku tipis yang berisikan gambar-gambar menarik. Cara ini setidaknya dapat menarik minat anak untuk mulai membuka dan memperhatikan isi buku.

2. Biarkan si kecil membaca yang dia suka

Minta anak memilih buku yang dia suka, entah karena sampulnya yang menarik atau isi buku yang mayoritas gambar. Apa pun itu, biarkanlah. Sebab, tujuan Anda adalah mengembangkan dulu kegemarannya dalam membaca.

Selain untuk menumbuhkan minat, buku komik dan dongeng sebenarnya memliki perbendaharaan kata yang belum terlalu banyak dan lebih mudah dimengerti oleh anak-anak.

3. Jangan pernah menghukum anak dengan membaca

Buatlah kegiatan membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan dalam memori anak. Jangan pernah menghukum anak Anda dengan cara menyuruhnya membaca.

Cara ini hanya akan membangun pikiran dan pengalaman yang tidak menyenangkan berkaitan dengan kegiatan membaca.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X