Malas Bersihkan Kuas Rias Wajah, Kulit Cepat Keriput

Kompas.com - 25/04/2016, 15:05 WIB
Ilustrasi thinkstockphotos.comIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Kapan kali terakhir Anda membersihkan kuas riasan wajah? Apakah satu bulan sekali? Satu tahun sekali? atau justru sama sekali tak pernah?

Jika Anda tak pernah membersihkan kuas riasan wajah berarti Anda termasuk dalam 72 persen wanita yang mengaku tak pernah membersihkan peralatan penting yang harusnya dijaga kebersihannya.

Anda harus hati-hati. Sebab, ada banyak kerugian yang disebabkan oleh kuas make up kotor. Berikut uraiannya:

1. Pori-pori tersumbat
Kuas make up yang tidak pernah dibersihkan membuat kotoran menyumbat pori-pori, dan berakhir meyebabkan jerawat.

2. Infeksi
Lebih parah dari jerawat, kuas make up yang kotor dapat menyebabkan infeksi jamur, bakteri E. Coli, virus, dan masih banyak lainnya.

Hal ini telah dibuktikkan oleh kisah seorang wanita Australia yang lumpuh akibat infeksi yang tertular dari kuas make up berbagi bersama temannya.

3. Alergi
Saat bakteri, kuman, dan virus bersarang, maka resiko lainnya adalah menyebabkan alergi.

4. Menderita radang mata
Jika mata Anda memerah setelah make up, jangan berpikir jika itu disebabkan oleh butiran make up yang masuk ke mata. Kuas yang kotor juga berpengaruh pada radang mata.

5. Wajah cepat keriput
Kuas make up yang kotor dan terpapar di kulit membuat keadaan kulit menjadi stres karena beberapa radikal bebas. Kondisi tersebut bisa merusak kolagen dan elastin yang berimbas menyebabkan penuaan dini dengan munculnya keriput-keriput halus.

6. Bulu mata rontok
Tak hanya kuas make up, coba perhatikan penjepit bulu mata Anda, jika banyak maskara yang menggumpal, dapat menyebabkan bulu mata menjadi rontok.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X