Kompas.com - 25/04/2016, 15:35 WIB
Bawang putih. SHUTTERSTOCKBawang putih.
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Salah satu cara untuk menghilangkan jerawat secara alami adalah dengan menggunakan bawang putih.

Tak hanya di Indonesia, bawang putih sebagai pereda jerawat nyatanya juga terkenal di negara-negara Barat.

Seorang blogger  video kecantikan, Farah Dukhai, yang berbagi pengalamannya mengatasi jerawat dengan bawang putih, memberi video tutorial mengatasi jerawat dengan menggosokkan bawang putih ke area berjerawat. 

Lalu, Dukhai mendiamkan jerawat yang telah dipoles bawang putih selama satu malam. Menurut Dukhai, jerawat pun mengempis.

Bawang putih memang memiliki Allicin, sejenis zat yang dapat mengurangi kemerahan dan meredakan jerawat.

Namun, dermatologis sama sekali tak menganjurkan penggunaan bawang putih untuk mengatasi jerawat.

Dr Philippa Lowe, dermatologis dan pakar perawatan kulit sederhana, mengatakan, "Ada banyak tumbuhan yang memiliki kandungan antimicrobial, termasuk Allicin, tetapi tak cukup menyembuhkan jerawat. Sebab, ketika bawang putih digosokkan ke area berjerawat dapat menyebabkan radang bahkan membuat melepuh."

Dr Lowe menganjurkan penggunaan obat jerawat dengan bahan gel. Obat jerawat dengan kandungan gel juga telah hadir di pasaran yang mengandung ekstrak tanaman yang sudah teruji aman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X