Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Kecil yang Bahagia Jauhkan Anak dari Pengaruh Narkoba

Kompas.com - 26/04/2016, 06:17 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Anak-anak yang sering terpapar stres, kecemasan dan kekerasan dalam keluarga, cenderung memiliki gangguan tertentu, baik fisik maupun mentalnya.

Kondisi keluarga yang tak pernah harmonis dan nyaman, biasanya mendorong anak untuk melupakannya dengan pengaruh obat-obatan terlarang.

Jadi, orangtua yang ingin anak terhindar dari efek mematikan narkoba, teruslah jaga kondisi dan lingkungan keluarga dalam kondisi yang hangat serta saling membutuhkan.

Lalu, kondisi rumah yang tak pernah harmonis, juga mengarahkan anak untuk membenci orangtua.

Kebencian yang dirasakan anak terhadap orangtuanya ini terjadi karena banyak memori buruk yang masih tersimpan sedari usia anak masih kecil hingga beranjak dewasa 

Kemudian, anak yang masa kecilnya berada dalam keluarga yang tidak harmonis, berpotensi mengalami gagal berprestasi secara akademis. Perlu Anda ketahui bahwa hal yang paling memengaruhi anak cemerlang di bangku sekolah, selain kualitas edukasi, juga ditentukan oleh kualitas komunikasi orangtua.

Jadi, ciptakanlah suasana rumah yang hangat, penuh cinta, dan harmonis dalam keluarga Anda. Kemudian, buatlah ritual keluarga, seperti makan malam bersama, liburan, dan acara akhir pekan yang kondusif, demi perkembangan emosional buah hati Anda.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com