Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2016, 20:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com — Tahukah Anda berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk belanja bulanan? Ternyata, orang Indonesia menghabiskan sekitar 20 persen dari penghasilan mereka untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal ini diungkapkan oleh Bung Aldilla, Executive Vice President untuk Head, Consumer Lending Permata Bank, di acara Yuk Belanja! yang diadakan di Giant Ekstra, Bintaro, Kamis (11/8/2016).

"Orang Indonesia ini rata-rata pengeluaran per bulannya itu 20 persen dari income-nya. Itu berupa makanan, tisu, deterjen, dan termasuk bayar tagihan listrik dan air," katanya.

Hal ini terjadi baik secara sadar maupun tidak sadar, seperti yang diceritakan oleh Novita Angie, seorang presenter radio yang juga hadir di acara yang sama sebagai pembicara.

Angie mengaku bahwa dia sangat sering berbelanja, setidaknya seminggu sekali untuk membeli makanan dan sebulan sekali untuk membeli barang-barang kering seperti tisu dan minyak goreng.

Kedua motif belanja ini dikonfirmasikan juga oleh Felyncia, Head of Marketing Giant, yang mengatakan bahwa orang Indonesia lebih sering berbelanja di supermarket daripada hypermarket.

Di supermarket seperti Hero, orang Indonesia berbelanja produk segar seperti daging dan sayur dengan frekuensi seminggu sekali hingga setiap hari.

Sementara itu, pengunjung untuk hypermarket seperti Giant memiliki kebiasaan yang berbeda.

Mereka biasanya berbelanja pada akhir minggu atau pada hari-hari penerimaan gaji seperti akhir dan awal bulan untuk melengkapi stok kebutuhan kering di rumah seperti popok, susu bayi, deterjen, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com