Kompas.com - 11/09/2016, 19:03 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com –- Kehamilan tidak datang dengan mudah untuk sebagian wanita. Ragam alasan bisa jadi pemicu yang menyulitkan wanita jadi sulit hamil.

Namun, Anda bisa mencoba lima kiat berikut ini dalam mewujudkan dan merealisasikan keinginan segera membangun keluarga harmonis. Berikut uraiannya:

Reguler seks
“Pastikan Anda bercinta setiap dua atau tiga hari sekali. Terlalu sering bercinta atau kelamaan tidak bercinta, keduanya mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma,” jelas Dr Sarah Brewer, penulis Planning a Baby? A Complete Guide to Pre-Conceptual Care.

Lupakan gaya bercinta akrobatik
Menurut Dr Brewer, gaya bercinta fantastis yang rumit tidak akan mempermudah Anda untuk hamil.

“Posisi seks missionary dengan posisi pelvis sedikt naik, meningkatkan peluang hamil lebih tinggi,” ujar Emma Cannon, Fertility Specialist dan Penulis The Baby Making Bible.

Berhenti merokok
Jika Anda belum bisa berhenti, maka kurangilah. Menurut Dr Brewer, wanita yang merokok 10 batang rokok atau lebih, tiga kali lebih sulit hamil.

Jangan stres
Memang tidak mudah untuk tidak terobsesi hamil ketika Anda merasa sudah siap membesarkan anak.

“Aku selalu menasihati klienku untuk tidak stres saat menjalani program hamil. Nikmati hidup Anda dengan melakukan banyak hal yang Anda suka,” jelas Sloan Sheridan-Williams, Life Coach and Therapist.  

Komunikasi dengan suami
Terkadang, suami dan istri jadi melupakan kehangatan hubungan karena terlalu fokus dan ambisius untuk memiliki anak.

Kondisi ini bisa berujung pada frustrasi, emosi, dan kekecewaan. Jadi, sebaiknya tetaplah berkencan dan bermesraan dengan suami, meski tanda-tanda kehadiran jabang bayi tak kunjung datang.

“Tingkatkan aktivitas berdua, menjalankan hobi bersama. Intinya jangan terlalu membebani pikiran dengan hamil dan memiliki anak,” terang Sheridan-Williams.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X