Kompas.com - 15/11/2016, 15:02 WIB
Resep Barramundi Lempah Kuning, dalam acara Indonesian Cooking Class with Chef Stefu di Culinaria Modena Jakarta, Sabtu (12/11/2016). Anggita Muslimah Resep Barramundi Lempah Kuning, dalam acara Indonesian Cooking Class with Chef Stefu di Culinaria Modena Jakarta, Sabtu (12/11/2016).
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

 

KOMPAS.com -- Hidangan ikan merupakan salah satu menu kesukaan orang Indonesia. Hal ini tidak mengherankan karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan lautan sehingga ikan pun menjadi salah satu santapan utama.

Ikan juga bisa dimasak dengan berbagai macam cara, seperti halnya menjadi sup, digoreng, dipanggang atau dibakar, dan masih banyak lagi.

Nah, saat ikan tersebut dibuat menjadi sup, mungkin Anda seringkali kesulitan mengetahui apakah ikan tersebut sudah matang atau belum.

Maka dari itu, Chef Stefu pun memberikan jawabannya.

“Kalau Anda pegang tulangnya dan bisa dicabut keluar, itu berarti ikannya matang,” ungkapnya dalam acara Indonesian Cooking Class with Chef Stefu yang diadakan oleh Culinaria Modena di Modena Experience Center, Sabtu (12/11/2016).

Dia melanjutkan, jika Anda ingin mencabut tulang ikan namun tidak bisa keluar, itu tandanya ikan tersebut belum matang. Hal ini disebabkan karena daging ikan masih menempel pada tulangnya.

Selain itu, Chef Stefu juga menyebutkan bahwa rasa masakan akan terasa lebih gurih ketika ikan dimasak dengan tulang. Sebab, tulang mengandung sumsum yang membuat masakan menjadi lebih gurih.

Dia mencontohkan, seperti halnya di Papua, masyarakat di sana cenderung lebih menyukai makan ikan yang utuh karena mereka menyukai rasa ikan yang lebih alami.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.