Kompas.com - 11/12/2016, 14:07 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

 

KOMPAS.com – Rahasia meningkatkan produktivitas, kemampuan, pengetahuan, dan kreativitas orangtua berasal dari rasa ingin tahu.

Penasaran akan sesuatu hal membuat Anda tergerak untuk membedah dan mendalami sebuah bidang dengan tujuan bisa untuk menguasainya dengan baik.

Mereka yang berada dalam zona ingin tahun tinggi biasanya sangat menikmati waktu yang berlalu karena didorong untuk mendapatkan jawaban yang dia cari.

Tentu saja, rasa ingin tahu dan penasaran yang positiflah yang membuahkan prestasi dalam hidup Anda.

Anak yang dibiasakan dari kecil untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan tumbuh menjadi individu yang bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas di masa depan.

Menurut Paul Harris dari Harvard University, orangtua yang sering memberikan pertanyaan pada anak bisa melatih perkembangan akal anak untuk mencari tahu dan menambah pengetahuan.

“Anak yang sering berlatih tanya jawab dengan orangtua memiliki kesadaran bahwa ada hal-hal yang mereka tidak tahu dan perlu dicari tahu. Anak akan berpikir bahwa ada pengetahuan yang lebih luas dari lingkungan sekitarnya,” urai Harris.

Kebiasaan melatih rasa ingin tahu anak, kata Harris, sebaiknya dimulai sedari usia dini sebelum masuk masa pendidikan wajib.

Sebab, cara tersebut membuat anak mampu berkomunikasi dengan orangtua dan menyerap informasi yang baik dan buruk di luar lingkungan rumah.

Selain itu, Harris juga menambahkan bahwa anak yang memiliki rasa penasaran dan ingin tahu yang besar memiliki kemampuan belajar cepat dan lebih baik.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X