Kompas.com - 22/01/2017, 11:02 WIB
Kebiasaan menonton televisi dan film kartun bisa pengaruhi kemampuan anak dalam berkonsentrasi saat usia mereka tujuh tahun. CNN.COMKebiasaan menonton televisi dan film kartun bisa pengaruhi kemampuan anak dalam berkonsentrasi saat usia mereka tujuh tahun.
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Situs LEDHut melakukan studi terhadap 1.000 responden orangtua yang memiliki anak usia sekolah di Inggris. Hasilnya, cukup mengejutkan.

Studi menyebutkan bahwa zaman sekarang orangtua tak lagi memandikan anak dengan sempurna sebelum tidur. Sebaliknya, kebanyakan orangtua hanya membersihkan tubuh anak dengan cara dilap. Alasannya, sibuk kerja dan sedikit waktu yang tersedia.

Kebanyakan responden orangtua yang memiliki waktu kerja padat mengaku bahwa mereka mengizinkan anak bermain gadget ketimbang membacakan dongeng sebelum waktu tidur.

Peneliti menemukan, setengah dari responden membiarkan anak yang sudah berusia sekolah untuk menonton televisi pada waktu tidur. Lalu, lebih kurang 28 persen mengizinkan main iPad, ponsel, dan laptop sebelum tidur.

Selanjutnya, peneliti juga menemukan bahwa 20 persen responden meletakkan televisi pada kamar anak dan sebanyak 15 persen juga membiarkan anak membawa laptop ke atas ranjang.

Hasil studi yang cukup mencengangkan adalah 89 persen orangtua mengungkapkan bahwa mereka mengizinkan anak tidur lebih malam untuk bermain internet atau menonton televisi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anak usia balita dan usia sekolah membutuhkan disiplin lewat rutinitas yang diterapkan orangtua. Salah satunya adalah aturan tidur di waktu yang sama setiap hari,” ujar Dr Becky Spelman, seorang psikolog.

Rutinitas anak, kata Spelman, juga harus didukung oleh kehadiran orangtua dan waktu berkualitas bersama-sama.

“Anak-anak seharusnya berhenti main gadget satu jam sebelum waktu tidur. Sinar biru dari layar elektronik menstimulasi bagian otak untuk selalu terjaga dan awas sepanjang malam,” pungkasnya.



Sumber Mirror
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X