Bos Tidak Bisa Kerja Sebabkan Karyawan Pilih "Resign"

Kompas.com - 25/01/2017, 07:02 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Menurut studi yang dipublikasikan Harvard Business Review, alasan karyawan pindah kerja tak selalu dipicu oleh beban pekerjaan tetapi bisa juga karena bos yang tidak kompeten.

Selain itu, bos yang tidak bisa atau sering menolak permintaan tolong karyawan dalam membantu menyelesaikan pekerjaan mereka juga menjadi pendorong karyawan pilih berhenti kerja.

Hasil studi mengungkapkan bahwa kepuasaan kerja karyawan sangat dipengaruhi oleh potensi dan tingkat kecerdasan sang bos.

Jadi, kalau seorang bos tidak bisa kerja dan tidak berpotensi sebagai pemimpin, maka karyawan memilih mencari kesempatan di perusahaan lainnya.

Lalu, apa sih yang membuat seorang bos itu dianggap hebat dan inspiratif?

Studi ini mempelajari kemampuan seorang bos dalam melakukan pekerjaan yang dikerjakan oleh anak buah, kompetensi, dan konsep manajemen.

Kemudian, studi pun berkonsentrasi pada tiga faktor:

  1. Apakah seorang bos, saat dibutuhkan, bisa menyelesaikan pekerjaan anak buah?
  2. Apakah seorang bos mendapatkan jabatannya karena merintis dari posisi lebih rendah di perusahaan?
  3. Apakah karyawan memberikan nilai baik pada kompentensi bos dalam bekerja?

Hasilnya, karyawan lebih bahagia ketika dipimpin oleh seorang atasan yang mendalami dan menguasai pekerjaannya.

Studi juga menguatkan penemuan tersebut dengan sejumlah fakta bahwa rumah sakit berkembang baik ketika dipimpin oleh seorang dokter atau tim basket semakin berprestasi ketika dipimpin oleh atlet basket.

Studi ini melibatkan 35.000 karyawan dari perusahaan yang dipilih secara acak. Seluruh responden berasal dari Amerikas Serikat dan Britania Raya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X