Kompas.com - 26/01/2017, 07:02 WIB
Michelle Obama merapikan dasi Barack Obama di acara Nordic Summit. ELLE.COMMichelle Obama merapikan dasi Barack Obama di acara Nordic Summit.
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Pernikahan yang selalu bahagia dan berjalan tanpa hambatan hanya terjadi di dongeng kehidupan putri dan pangeran Disney.

Kenyataannya, setiap pernikahan berjalan dengan ragam ujian yang bisa menguatkan dan menghancurkan hubungan.

Toleransi dan kasih sayang menjadi penawar ujian yang terjadi dalam sebuah rumahtangga, tak terkecuali pada pernikahan mantan Presiden dan Ibu Negara Amerika Serikat, Barack dan Michelle Obama.

Pasangan Obama selalu terlihat mesra dan penuh sayang di setiap acara publik. Jelas sekali bahwa hubungan Barack dan Michelle dilandasi dengan cinta dan rasa saling menghargai.

Namun, pernikahan pasangan Obama yang telah berjalan 19 tahun juga mengalami pasang surut seperti pasangan suami istri lainnya di dunia.

Bahkan, Michelle mengakui dia memiliki tumpukan rasa keberatan dan keluhan pada suaminya sepanjang tahun 2016 kemarin.

“Aku memiliki daftar rasa kesal dan jengkel pada Barack selama 2016. Kami membicarakannnya dan menyelesaikannya. Komunikasi dan keinginan untuk memperbaiki diri yang bisa meredakan masalah,” ujar Michelle.

Pernikahan, kata Michelle, adalah kerja keras meskipun Anda menikahi belahan jiwa Anda, tetapi pasti ada banyak hal yang membuat Anda kesal dari pasangan Anda.

“Bahkan pernikahan terbaik pun membutuhkan kerja keras tanpa ujung. Menikah dengan seorang pria dan memiliki anak bersama, maka otomatis Anda akan mengalami ganjalan dan luka. Namun, Anda juga harus mensyukuri kebahagiaan dan rasa kecewa yang akan selalu ada,” urainya.

Michelle menegaskan, kelebihan dan kekurangan merupakan hal alamiah dalam sebuah pernikahan.

Halaman:


Sumber Glamour
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X