Kompas.com - 28/01/2017, 11:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Aktivitas bermain memang terdengar hanya buang-buang waktu, tetapi Anda bisa jadi salah.

Sebab, saat si kecil sedang bermain membangun balok, menggambar, dan sebagainya, momen itu memiliki fungsi mengembangkan keterampilan hidup yang bermanfaat untuk masa depan.

Umumnya, anak-anak lebih suka bermain bersama teman-teman sebayanya. Pasalnya, bersama teman-teman memang menjadi lebih seru.

Namun, orangtua juga harus memberikan anak waktu untuk bisa bermain sendiri.

Stephenie Gillingham, Program Coordinator and Profesor di Sheridan College, Ontario, Kanada, mengatakan bahwa bermain sangat vital manfaatnya untuk anak di fase tumbuh kembang. Sebab, bermain positif mengandung manfaat untuk semua fungsi fisik, otak, dan emosional anak.

Bermain sendiri, kata Gillingham, juga tak kalah pentingnya dari bermain bersama teman-teman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Manfaat bermain sendiri untuk anak adalah memiliki rasa penasaran, memahami otonomi, belajar berinisiatif, dan menyelesaikan masalah sendiri,” ujar Gillingham.

Anak usia bawah lima tahun, kata Gillingham, harus diberikan waktu bermain sendiri dengan mainan kesukaaan mereka.

“Biasakan anak untuk bermain sendiri saat usianya mencapai 14 atau 15 bulan, setidaknya satu atau dua kali dalam satu pekan,” imbuhnya.

Menurut dia, sebenarnya anak sudah bisa bermain sendiri semenjak bayi. Sebab, selama berbaring di atas kasur bayi pun sudah mulai bermain-main dengan suara, menggerak-gerakkan tangan, dan memegang mainan yang menggantung.

Dia mengingatkan saat bermain bersama teman, maka anak belajar untuk  bersosialisasi, empati, dan toleransi. Nah, kala bermain sendiri, mereka membangun rasa penasaran, menyelesaikan masalah, dan menggali potensi diri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X