Kompas.com - 18/02/2017, 14:04 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Cara-cara menghilangkan jerawat mungkin telah banyak diketahui oleh wanita Indonesia, tetapi tidak demikian dengan bekas luka yang ditinggalkannya. Masih banyak wanita yang bingung mengenai cara untuk menyembuhkannya.

Menurut seorang dermatolog, dr Eddy Karta SpKK, bekas luka dari jerawat sebenarnya sama dengan noda hitam akibat matahari. Oleh karena itu, bekas luka harus dilindungi dari paparan sinar matahari.

“Noda hitam akibat matahari itu sama seperti bekas luka, kalau kita lindungi dengan tabir surya secara terus menerus, pelan-pelan dia akan memudar,” ujarnya saat diwawancarai usai acara Pond’s Age Miracle Non-Stop Beauty di Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Namun, dengan catatan bahwa bekas luka tersebut tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Sebab, jika terlalu sering terpapar sinar matahari, hormon melanin akan diproduksi lebih banyak dan bagian bekas luka akan menghitam kembali.

Dokter Eddy berkata, karena yang daerah lebih hitam akan cenderung semakin hitam, maka bekas luka jangan sering terkena matahari. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X