Kompas.com - 22/04/2017, 08:52 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Setiap hubungan memang harus dilandasi kejujuran. Tapi, terkadang menyimpan rahasia bisa membuat hubungan jadi lebih menyenangkan. Sebut saja merencanakan makan malam romantis sebagai kejutan di hari ulang tahunnya.

Walau begitu, beberapa jenis "rahasia" akibat kebiasaan buruk kita dapat menghancurkan hubungan dalam jangka panjang. Berikut adalah 5 hal yang sebaiknya tidak Anda sembunyikan dari pasangan.

- Mimpi terliar
Memang tak mudah untuk menyampaikan topik seperti ingin menambah anak, pindah ke kota atau negara lain, atau mengubah karier. Tetapi, berbagi mimpi untuk kehidupan Anda berdua, bahkan yang paling liar sekalipun, adalah salah satu cara untuk mewujudkannya.

Jangan rahasiakan mimpi yang Anda bangun hanya karena pasangan saat ini sepertinya punya pikiran yang berbeda.

- Situasi finansial
Sebaiknya Anda jujur pada pasangan dalam hal keuangan. Pertama tentang utang, apakah itu cicilan kartu kredit, pinjaman pendidikan, apa pun itu. Bila utang itu terus menumpuk, tentu pengeluaran rumah tangga terkena dampaknya.

Anggaran seperti halnya aliran darah, jika Anda mengalami banyak kebocoran darah, tubuh akan lemah, bahkan mati. Bila Anda tak bersikap terbuka, pasangan akan mengira semua berjalan mulus dan ia melakukan pengeluaran seperti tak ada masalah apa pun.

- Aktivitas online
Kemungkinan besar pasangan akan mengetahui aktivitas Anda di internet melalui jejak di mesin pencari. Oleh karena itu tak perlu menutup-nutupi apa pun agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, tak berarti Anda harus mengorbankan privacy. Bukan karena tidak percaya pada pasangan, tapi berbagi password email bahkan memiliki satu akun email untuk berdua rentan menimbulkan masalah.

- Masalah besar
Jangan menyembunyikan hal-hal besar, seperti masalah dengan pekerjaan, keluarga, atau kesehatan. Tak sedikit orang yang takut jujur dengan pasangannya ia diberhentikan kerja atau mengidap penyakit tertentu.

Rahasia semacam itu bisa mengganggu hubungan. Karena itu cobalah terbuka. Bicarakan saat kondisinya sedang rileks. Anda mungkin tak selalu setuju dengan sikapnya terhadap masalah yang Anda bagi, tetapi itu adalah risiko yang harus diambil.

- Keinginan di tempat tidur
Mengapa harus malu mengungkapkan keinginan Anda di tempat tidur? Tetapi, jangan menyampaikannya saat Anda dan pasangan sedang melakukan aktivitas seksual.

Agar tak terlalu malu menyampaikannya, mulailah dengan mengungkapkan pujian Anda dengan hal-hal kecil tapi mesra.

Banyak wanita yang merasa tak mendapat kepuasan tapi malah mencoba bersikap manis di depan pasangan dengan memalsukannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.