Gaya Renang Apa yang Paling Bakar Kalori?

Kompas.com - 26/04/2017, 11:35 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Berenang sering kali disebut sebagai salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

Sebab, selain melatih banyak otot yang tidak biasa digunakan, berenang juga memaksa jantung dan paru-paru Anda untuk bekerja lebih keras dalam mengedarkan oksigen.

Namun, ternyata masing-masing gaya membakar jumlah kalori yang berbeda karena mekanismenya yang berbeda-beda juga. Berikut uraiannya:

1. Gaya bebas

Di antara gaya lainnya, gaya bebas adalah yang paling cepat dan efisien. Bila dilakukan dengan tepat, Anda akan dengan mudah membakar 704 kalori dalam waktu satu jam.

Selain itu, karena Anda bergerak dengan tubuh yang miring dan memotong air, gaya bebas juga lebih ringan untuk dilakukan dibandingkan gaya lainnya.

2. Gaya katak

Gaya yang pertama kali diajarkan ini ternyata tidak kalah banyak membakar kalori dibandingkan gaya bebas.

Dalam satu jam, Anda yang berberat badan 70 kilogram akan membakar 704 kalori walaupun gerakannya lebih lambat bila dibandingkan dengan gaya lainnya. Hal ini karena gaya katak memaksa Anda untuk menerjang air dengan menggunakan kekuatan lengan dan kaki.

3. Gaya punggung

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber menshealth
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X