Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2017, 09:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com -  Daging kambing merupakan sumber protein yang sama baiknya seperti daging sapi atau ayam. Namun, tak banyak orang menyukai daging kambing karena alasan alot dan bau prengus.

Padahal, asal pintar mengolahnya, daging kambing bisa dibuat empuk di lidah. Simak tips dari Chef Yuda Bustara agar daging kambing bisa empuk.

Pertama, bungkus daging dengan daun pepaya dan masukkan daging yang telah dibungkus tersebut ke dalam kulkas.

Kedua, selain membungkus daging dengan daun pepaya, untuk mengempukan daging bisa juga dengan melumurinya menggunakan nanas.  "Kalau sudah dibungkus daun pepaya atau dilumuri dengan nanas, daging akan menjadi empuk," kata Chef Yuda saat ditemui Kompas Lifestyle di Studio KokikuTV, Kamis (31/8/2017).

Empuk atau tidaknya daging ditandai dengan munculnya lendir dari daging tersebut. Lendir yang muncul menurut Chef Yuda adalah protein yang hancur karena efek yang ditimbulkan dari kandungan daun pepaya dan nanas.

"Empuk itu karena proteinnya hancur, kalau daging proteinnya hancur itu lendirnya keluar," tutur chef yang dikenal dengan kreasi masakan urbannya ini.

Menurut dia, daging yang paling enak dan empuk untuk dikonsumsi adalah tenderloin atau . daging di bagian bawah leher dan pundak. Alasannya bagian tersebut tak sering dipakai bergerak. "Bagian yang tidak banyak bergerak terkena otot jadi benar-benar empuk," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com