Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2017, 18:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sering bergaya kocak, lepas, tanpa malu dalam video-video yang diunggahnya ke Youtube, tetapi ketika bertatap muka langsung Aulia Rizsa Wirizqi justru agak pemalu.

Pria berusia 23 tahun ini merupakan salah satu Youtuber terkenal di Indonesia--tentu berkat kreativitasnya. Jejak karier Youtuber yang dikenal dengan nama Aulion ini ternyata dimulai karena hobinya sejak kecil.

Mahasiswa semester 7 jurusan film di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) ini sudah jatuh cinta membuat film sejak duduk di bangku kelas tiga SD. Pertemuannya dengan pembuatan film secara tidak sengaja di sebuah gudang yang kala itu menyimpan handycam, alat perekam video.

"Lihat handycam ini kayak TV LCD bisa diputar, seneng banget," kata Aulion saat berbincang dengan Kompas Lifestyle di The Westin Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Perjalanan Aulion dengan handycam pun dimulai. Bukan Aulion kalau tidak melakukan eksplorasi. Dia mulai menemukan passion dibidang animasi stop motion, suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. 

Aulion bercerita, ketika itu dia tengah mencoba-coba memainkan fitur 'pause' dan 'record' pada sebuah botol untuk digerakkan. Setelah dicoba, hasilnya pun menarik, terbukti ia mendapat pujian dari orangtua yang akhirnya membuatnya bersemangat.

Duduk di bangku sekolah menengah pertama, kreativitas Aulion pun bertambah. Namun dia merasa kreativitasnya itu perlu disebarkan. Awalnya dia menggunakan fitur bluetooth untuk menunjukkan hasil karyanya kepada orang lain.

"Setelah tahu ada Youtube, jadi mulai beralih ke Youtube. Meskipun saat itu belum terkenal banget, tapi mau gimana lagi, itu platform video yang gue tahu," ujar Aulion.

Tapi siapa sangka, Youtube pula yang akhirnya melambungkan nama Aulion, lewat karya animasi stop motionnya yang berjudul "Televisionic Motion". Karyanya mulai viral di media sosial hingga membawa dia masuk ke televisi.

"Nah dari TV itu jadi followers nambah," ujar Aulion yang memiliki kurang lebih 413.000 subscriber di akun youtube.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.