6 Kebaikan yang Didapatkan Jika Rutin Minum Air Hangat

Kompas.com - 15/04/2018, 07:40 WIB
Ilustrasi air hangatBrasilNut1 Ilustrasi air hangat

Kebanyakan orang lebih memilih minum air dingin ketimbang air hangat untuk meredakan dahaganya. Tetapi tahukah kamu kalau air hangat ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

1. Meredakan hidung tersumbat

Air hangat akan menghasilkan uap panas yang ternyata baik untuk hidung yang sedang tersumbat. Menghirup uap ini sambil pelan-pelan meminumnya dapat membantu melonggarkan sumbatan lendir yang berkumpul di rongga hidung, dan meredakan sakit kepala.

Manusia memiliki selaput lendir di seluruh leher dan tubuh bagian atas, meminum air hangat dapat membantu menghangatkan area tersebut dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh adanya penumpukan lendir.

Dokter dari New York, Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, MS mengatakan bahwa manfaat minum air hangat cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat dibandingkan air dingin, sebab suhu yang tinggi akan mempercepat laju pengeluaran lendir.

2. Membantu kerja sistem pencernaan

Pada dasarnya air bagaikan pelumas untuk sistem pencernaan. Air akan melegakan dan memperlancar masuknya makanan hingga menjadi kotoran (feses).

Ketika air bergerak melalui perut dan usus, organ pencernaan lebih terhidrasi dan mampu menghilangkan sisa dalam tubuh yang sudah terpakai secara lebih optimal.

Apalagi, air hangat akan menimbulkan dengan efek vasodilator, yaitu memperlebar pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah bergegas menuju usus dan membantu proses pencernaan semakin lancar.

Baca juga : Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

3. Bantu atasi nyeri

Dilansir dalam laman Medical News Today, manfaat minum air hangat lainnya adalah dapat memperlancar aliran darah karena air ini bersifat vasodilatator .

Meminum air hangat akan membantu meningkatkan aliran darah ke jaringan di dalam tubuh, termasuk ke jaringan otot. Dengan begitu, otot-otot yang kaku dapat dikendurkan karena aliran darahnya sudah semakin lancar.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X