Jauhkan Perhiasan Emas dari Parfum

Kompas.com - 17/04/2018, 17:11 WIB
Ilustrasi perhiasan FaferekIlustrasi perhiasan

JAKARTA, KOMPAS.com - Apapun tujuan Anda membeli perhiasan emas, entah untuk investasi atau perhiasan saja, emas juga perlu dirawat agar lebih awet dan tidak mudah pudar. Apalagi harganya cukup mahal.

Direktur Produksi dan Operasional PT Hartadinata Abadi, Cuncun Muliawan mengatakan, perawatan perhiasan emas tak semudah merawat perhiasan bahan lainnya, misalnya kuningan.

Bahkan jika perhiasan emas tersebut disimpan di dalam kotak pun kemungkinan akan terjadi oksidasi.

"Kalau disimpan dalam kotak bisa oksidasi dan prosesnya akan lebih susah untuk pembersihan," ujar Cuncun seusai peluncuran koleksi perhiasan "Dari Hartadinata untuk Indonesia" di Hotel Mulia Senayan, Selasa (17/4/2018).

Sebelum hal itu terjadi, Cuncun menyarankan agar setiap orang yang memiliki perhiasan emas merawatnya dengan baik.

Cara paling mudah adalah menghindarkan perhiasan emas kita dari bahan-bahan kimiawi yang digunakan sehari-hari, seperti wewangian dan body lotion.

Sementara untuk membersihkannya bisa digunakan bahan sederhana seperti sabun cuci piring. Caranya, disikat secara lembut ke permukaan emas.

Namun jika warna emas berubah menjadi buram, Cuncun menyarankan untuk pergi ke toko emas.

"Kalau sudah terlalu buram harus ke toko emas. Tapi, itu kalau sudah buram saja," kata dia.

Sementara itu, dikutip dari pemberitaan sebelumnya, perhiasan berlapis emas ini membutuhkan perawatan yang berbeda dari perhiasan yang berbahan dasar emas.

Eliana Putri Antonia menjelaskan dalam peluncuran koleksi eksklusifnya, perhiasan yang berlapis emas hanya dilapisi saja. Berbeda dengan perhiasan berbahan dasar emas asli yang lebih awet.

Oleh karena itu, perhiasan yang menggunakan lapisan emas ini biasanya tidak bisa digunakan untuk kegiatan yang terekspos cuaca.

Perhiasan yang dibuat dari emas murni atau berlian juga bisa digunakan untuk banyak kegiatan dan aman jika terkena pelembab atau pun parfum.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X