Kompas.com - 19/04/2018, 14:23 WIB
Ilustrasi lari DragonImagesIlustrasi lari
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita semua sadar bagaimana olahraga lari bisa sangat bermanfaat, seperti meningkatkan kekuatan fisik, menjaga bentuk tubuh, membakar kalori, dan sebagainya.

Namun, ada lebih dari sekadar manfaat yang terdapat dalam dunia lari. Berikut ini adalah beberapa mitos lari beserta faktanya berdasarkan review tim medis HelloSehat yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya.

1. Lari bisa sangat menantang

Selain marathon yang konvensional, ada juga lari lumpur dan lari rintangan yang cukup menarik. Pada tahun 2014 saja, ada sekitar 4 juta pelari yang mencapai finish dalam lomba lari non-tradisional tersebut. Orang sering menganggapnya lebih menantang daripada sekedar balapan ke garis finish.

2. Kita bisa lari mengitari Bumi

Ini adalah fakta. Jika kamu lari terus menerus selama sekitar 5 tahun (5,7 tahun tepatnya), kamu bisa menempuh jarak 40.073 km. Ukuran lingkaran bumi adalah 40.074 km. Cukup mendekati, bukan?

3. Jika ingin membakar lebih banyak kalori, lari lebih cepat, atau lebih lama

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ambil contoh lari 13 km, misalnya. Jika seseorang dengan berat 100 kg menempuh jarak tersebut dengan lari, ia bisa membakar sekitar 150 kalori. Untuk orang dengan berat 54 kg, ia bisa membakar sekitar 82 kalori.

Ini berarti, semakin bugar tubuh, maka semakin sedikit kalori yang terbakar dalam jarak tempuh yang sama.

Mitos lari yang tak perlu dipercaya lagi

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.