Kompas.com - 11/06/2018, 07:35 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Kopi adalah minuman favorit banyak orang di dunia. Namun ternyata perlu cara khusus agar kenikmatan kopi yang dicicipi mampu teresapi secara sempurna.

District Coffee Master Starbucks, Ganesha IKG Sitanggang menyebutkan sejumlah langkah yang harus dilakukan saat coffee tasting alias mencoba kopi.

Coffee testing jika dilakukan sering dan rutin akan meningkatkan sensitivitas lidah seseorang saat menikmati kopi.

Dimulai dari menaruh tiga jari di atas permukaan gelas dan menghirup aroma kopi tersebut.

"Cium aroma kopinya dari sela-sela jari. Sebab kalau menghirup biasa aromanya akan menyebar. Sedangkan kalau ditutup aromanya bisa lebih fokus ke hidung kita," kata Ganesha saat ditemui di gerai Starbucks Jalan Pangeran Diponegoro, Medan beberapa waktu lalu.

Tahap berikutnya adalah menyeruput kopi. Meminum kopi tersebut juga sebaiknya tak ditenggak atau diminum langsung ke mulut, melainkan diseruput perlahan. Hal ini agar kopi menyebar di seluruh permukaan lidah.

Baca juga: Secangkir Espresso On The Rock dari 3 Biji Kopi Berbeda, Pas!

Rasa yang didapatkan akan menjadi kompleks lidah memiliki bagian-bagian tertentu dengan kemampuan mengecap berbagai rasa.

Setelah itu, resapi dan sampaikanlah rasa apa yang kita dapatkan dari menyeruput kopi tersebut.

Kopi hitam rasanya pahit. Untuk merasakan kopi tersebut kita juga bisa melakukan food pairing atau merasakan kopi dengan bantuan makanan.

District Coffee Master Starbucks lainnya, Rangga Hady Tama menjelaskan, food pairing akan memberikan kita pengalaman merasakan kopi saat diminum pertama kali dan perbedaannya setelah kopi dan kue bercampur di mulut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.