Apa Saja Tips Penting agar Sukses Naiki Tangga Karier? - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan XL Xtream

Apa Saja Tips Penting agar Sukses Naiki Tangga Karier?

Kompas.com - 09/11/2018, 09:09 WIB
Ilustrasi bekerjaShutterstock Ilustrasi bekerja

KOMPAS.com - Co-founder The Huffington Post, Ariana Huffington menyampaikan bahwa tidur yang cukup menentukan kesuksesan seseorang. Umumnya, orang yang sukses berarti sangat produktif, pekerja keras, hingga sering begadang.

Walau begitu, Huffington menekankan kalau seseorang ingin produktivitasnya meningkat, lebih bahagia, dan menghasilkan keputusan yang tepat dalam berbagai urusan, tidur yang cukup menjadi kunci penting.

Hal tersebut ia sampaikan dalam presentasinya di forum TED Talk.

Konferensi TED merupakan sarana yang memfasilitasi para ahli dari berbagai bidang untuk berbagi penelitian, pengalaman, dan ceritanya di panggung yang ditonton berbagai orang.

Aneka hal yang dibicarakan pun beragam, mulai dari kepercayaan diri, kesehatan, hingga topik hubungan.

Karena itu, banyak orang yang suka mencari inspirasi dengan mengambil tips-tips penting yang dibagikan para ahli pada video TED Talk. Salah satu topik favorit, misalnya, terkait kesuksesan.

Berikut ini, ada beberapa video TED Talk pilihan yang dapat Anda tonton tentang faktor-faktor yang menentukan kesuksesan.

Pentingnya waktu tidur yang cukup

Video Ariana Huffington tentang betapa pentingnya tidur yang cukup sebagai faktor kesuksesan sudah ditonton lebih dari empat juta viewers di kanal Youtube TED Talk.

Dilansir dari CNBC.com, Senin (18/9/17) Ariana menceritakan pengalamannya sebagai CEO yang sibuk sehingga tidak mempedulikan waktu tidur. Suatu hari, karena kekurangan tidur, ia pingsan, terjatuh, dan pipinya terbentur sampai perlu mendapat lima jahitan.

Ilustrasi tidur.Shutterstock Ilustrasi tidur.
Melalui pengalaman itulah ia mulai menganalisa tentang betapa pentingnya kekuatan tidur yang cukup.

“Obsesi kekurangan tidur karena betapa banyaknya hal yang kita lakukan harus dihentikan karena tidak sehat. Tutuplah mata Anda, dan istirahatkan “mesin-mesin” tubuh,” ujar Huffington.

Bagi Anda yang suka begadang dan mengabaikan waktu tidur yang cukup, video ini sebaiknya Anda tonton.

Fokus pada satu tujuan

Seorang pakar komunikasi pemasaran sekaligus penulis, Richard Saint John sudah menghabiskan waktunya selama satu dekade untuk mewawancarai orang-orang sukses seperti penemu Microsoft Bill Gates, dan pebisnis Martha Stewart.

Di tengah hiruk pikuk dunia saat ini, banyak hal yang membuat seseorang terdistraksi perhatiannya. Melalui video berjudul “8 Rahasia Sukses”, John menggaris bawahi kalau fokus jadi kemampuan yang penting dan akan mengantarkan diri pada kesuksesan.

“Orang sukses hebat dalam satu hal. Kalau fokus pada banyak hal, Anda tak akan bisa menghabiskan waktu terhadap hal yang sebenarnya merupakan keahlian Anda,” terang John.

Masih ada tujuh faktor kesuksesan lainnya yang ia jabarkan dalam presentasinya. Video presentasi Richard St. John di forum TED Talk ini sudah ditonton sepuluh juta viewers.

Pastikan timing yang tepat

Founder Technology Incubator Idealab dan berbagai startup Bill Gross menganalisis berbagai data dari banyak organisasi dan perusahaan. Ia mengurutkan kesuksesan perusahaan tersebut berdasarkan lima faktor penting.

Ilustrasi bekerja sama.Shutterstock Ilustrasi bekerja sama.
Hasilnya, ia menemukan faktor terbesar yang paling menentukan kesuksesan startup adalah timing.

“Cara mengukur waktu yang tepat yaitu dengan melihat apakah konsumen siap dengan apa yang Anda tawarkan,” ujar Gross.

Ia mencontohkan Airbnb yang kini sukses, dulunya diabaikan investor saat baru merintis. Orang-orang berpikir kalau tidak ada orang yang rela menyewakan rumahnya kepada orang asing.

Walau begitu, Airbnb keluar dan meningkat popularitasnya di masa resesi, ketika orang-orang sangat membutuhkan uang. Akhirnya, mereka pun mau menyewakan rumahnya kepada orang asing.

Selanjutnya, faktor ke dua yang menentukan kerja sama tim dan eksekusi, lalu yang ketiga adalah keunikan dari ide startup tersebut.

Masih ada banyak video TED Talk di Youtube terkait kesuksesan atau topik lainnya.
Dengan menonton berbagai video TED Talk, Anda termasuk melihat tontonan yang bermanfaat sekaligus belajar pada topik-topik yang dipilih.

Jadi, menonton video di Youtube bukan lagi hanya sekadar hiburan.

Tentu Anda akan semakin puas menonton bila bisa streaming Youtube unlimited, alias tanpa batas. Smartphone Xtream Ultima dari XL memberikan kelebihan ini.

Ada akses Youtube secara Unlimited 24 jam dalam periode 1 tahun. Tak hanya streaming video, upload dan live video pun bisa. Dengan akses ini, Anda bisa menonton tanpa takut kuota habis.

Dengan begitu, Anda bisa puas meraup inspirasi dari banyaknya video inspiratif TED Talk.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: