Mewujudkan Imajinasi Anak dalam Bentuk Boneka

Kompas.com - 20/12/2018, 07:07 WIB
15 gambar terpilih dalam IKEA Drawing Competition Indonesia IKEA15 gambar terpilih dalam IKEA Drawing Competition Indonesia
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin kamu tidak menyadari bahwa sebagian besar mainan anak merupakan ciptaan orang-orang dewasa. Karenanya kebanyakan mainan yang kita temukan adalah "miniatur" dari kegemaran orang-orang dewasa.

Nah, bagaimana jadinya bila anak-anak diminta merancang mainan dengan segala imajinasi mereka yang tak terbatas? Hasilnya bisa jadi lucu, aneh, unik, namun yang jelas orisinal.

Itulah yang terjadi saat IKEA menggelar lomba gambar bagi anak-anak berusia hingga 12 tahun. Anak-anak itu diminta menggambar boneka impian mereka.

Hasilnya, ada naga yang sedang membakar marshmallow, atau naga merah jambu yang hidup di pohon penuh permen, kelelawar yang suka terbang siang hari, hingga makhluk biru bermata satu.

Walau bagi orang dewasa gambar-gambar itu terasa tidak masuk akal, namun barangkali imajinasi dan khayalan anak itulah yang mereka sukai.

Berdasarkan "harapan" anak-anak soal mainan yang mereka inginkan itu, IKEA menggelar lomba gambar di seluruh dunia secara bersamaan pada tanggal 1-18 November 2018, agar bisa menciptakan boneka yang memang disukai anak-anak.

Di Indonesia ada 1140 gambar yang terkumpul. Setelah diseleksi berdasarkan beberapa kriteria, termasuk kemudahannya bila dibuat boneka, dipilihlah 15 gambar yang akan mewakili Indonesia untuk diseleksi lagi di tingkat dunia.

Kemudian, Tim IKEA Global akan memilih 5 gambar terbaik sebagai pemenang dan akan dibuat koleksi boneka soft toy pada tahun berikutnya untuk dijual di toko IKEA di seluruh dunia, sebagai bagian dari Kampanye IKEA Ayo Main!

15 gambar terpilih dalam IKEA Drawing CompetitionIKEA 15 gambar terpilih dalam IKEA Drawing Competition
Public Relations IKEA Indonesia, Ririn Basuki, menjelaskan, “IKEA senang melihat kreatifitas dan imajinasi anak-anak Indonesia yang diekspresikan melalui soft toy impian mereka dalam bentuk gambar, dimana kami menerima lebih dari 1.100 gambar yang orijinal, unik dan kreatif.”

Gambar terpilih pada tahun 2015 yang dijadikan bonekawsn Gambar terpilih pada tahun 2015 yang dijadikan boneka
IKEA Children Drawing Competition merupakan ajang yang sangat unik dari perspektif desain produk, sebab tidak seperti biasanya dimana mainan anak-anak diciptakan berdasarkan perspektif orang dewasa, di sini anak-anak turut menciptakan desain produk sebagai bagian dari imajinasi dan proses belajar mereka.

Dari sudut pandang desain produk, IKEA akan memilih gambar yang nanti setelah menjadi soft toys, dapat semakin mengembangkan daya imajinasi anak saat bermain dengannya, menjadi bagian dari proses belajar, sambil memperhatikan keamanan produk bagi anak-anak.

"Kompetisi ini merupakan medium yang baik sekali untuk mendorong kreativitas anak. Setiap gambar yang masuk, mencerminkan emosi, keingintahuan, dan juga spirit untuk bereksplorasi dengan warna dan desain-desain imajinatif," ujar Ririn, Selasa (18/12/2018).

Ririn berharap, tahun ini ada gambar dari anak Indonesia yang bisa diwujudkan dalam bentuk boneka seperti pada tahun 2015 lalu, ketika gambar Naurazka Salsabila dijadikan boneka oleh IKEA.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X