Sudahkah Melakukan "Double Cleansing" dengan Benar?

Kompas.com - 29/12/2018, 12:40 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Kamu yang sangat memerhatikan kulit pasti sudah akrab dengan istilah "double cleansing" atau membersihkan wajah dua kali dalam tahapan skin care.

Tahapan ini dianggap wajib, terutama jika kita mengenakan riasan wajah cukup tebal. Namun, ternyata double cleansing tidak sesederhana membersihkan wajah dua kali.

Makeup artist director Pixi Global, Amanda Bell menjelaskan, double cleansing membutuhkan dua pembersih dengan formula berbeda.

Dimulai dari penggunaan produk pembersih wajah berbasis minyak untuk kulit kering lalu dilanjutkan dengan pembersih berbasis krim untuk memastikan seluruh makeup terangkat.

Tahapan ini dilakukan pada malam hari untuk wajah yang seharian menggunakan makeup.

Sementara untuk rutinitas pagi, pembersihan diikuti dengan pengaplikasian pelembap dan tabir surya.

Amanda menjelaskan, double cleansing memastikan semua residu di wajah terangkat secara tuntas. Selain itu, Tahapan ini juga memastikan kulit terhidrasi sehingga lembut dan sehat.

Penghapusan makeup yang kurang sempurna bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan jika dilakukan terus menerus bisa menyebabkan komedo dan kulit tampak kusam.

Baca juga: Pentingnya Membersihkan Wajah Sebelum Merias Wajah

Apakah metode double cleansing efektif?

"Minyak bekerja seperti magnet. Secara efektif akan mengangkat kotoran dan pigmen dari kulit sehingga kulit lebih bersih dan segar pada tahap pertama," katanya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X