Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2019, 13:45 WIB
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin tidak banyak orang yang mengenal brand 361°. Saat brand ini menjadi penyedia seragam resmi untuk staf dan relawan pada Pesta Olahraga Asia atau Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pun, orang masih bertanya-tanya, apa gerangan arti angka-angka itu.

Hal itu tak mengherankan karena brand asal kota Jinjiang, Provinsi Fujian, China ini memang termasuk pemain baru di lapangan. Dibandingkan Asics, adidas, atau Nike yang sudah kita kenal puluhan tahun, 361° baru muncul tahun 2003.

361 Degrees dimulai sebagai bisnis pembuatan alat olahraga milik keluarga dan dengan cepat berkembang menjadi salah satu merek olahraga terkemuka Tiongkok, dengan ribuan toko di seluruh negara tersebut.

Namun negara dengan penduduk terbanyak di dunia itu rupanya masih belum menjadi pasar yang cukup besar. Dengan agresif 361° merambah negara lain, persis seperti barang-barang Made in China yang bisa kita temukan di mana saja.

Brand ini menjadi sponsor di berbagai perhelatan olahraga. Pada tahun 2014, misalnya, 361° mensponsori Pesta Olahraga Asia yang diadakan di Incheon, Korea Selatan. Merek ini juga menjadi penyedia seragam resmi di Olimpiade Musim Panas 2016 dan Paralimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro.

Hingga pada 2018, spanduk-spanduk bertuliskan 361° dengan mudah kita temukan di sekitar Senayan, Jakarta, saat Asian Games berlangsung.

Lalu apa istimewanya produk dari merek ini?

Yang pertama tentu soal harganya yang terjangkau. Dibanding merek lain, sepatu olahraga 361° memang bisa dibeli dengan harga lebih rendah, bahkan separuh merek-merek terkenal.

Tentu itu salah satu keunggulan barang-barang China sehingga bisa menguasai pasaran. Tengoklah ponsel-ponsel seperti Huawei, Xiaomi, atau Oppo yang menjadi pilihan karena harganya murah dengan fitur yang tak kalah. Juga mobil merek Wu Ling yang kini banyak bersliweran di jalanan.

Namun harga terjangkau saja tanpa kualitas yang memadai tentu tidak akan laku. Nah untuk membuktikan kualitas produk 361°, Kompas.com sempat mencoba salah satu sepatu lari terbarunya, yakni Windmax II.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.