Lima Kebiasaan yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan

Kompas.com - 12/11/2019, 19:18 WIB
Ilustrasi. ThinkstockIlustrasi.

KOMPAS.com - Tak peduli sebahagia apapun ikatan pernikahan, hubungan paling sempurna sekalipun bisa saja menghadapi masalah bahkan perceraian.

Perceraian memang tidak mudah, namun seringkali perpisahan adalah opsi terbaik daripada tetap bersama.

Kadang-kadang ada permasalahan yang tidak bisa lagi didamaikan di balik keputusan bercerai, tapi ada pula hal-hal yang sebetulnya masih bisa diperbaiki dan dicegah untuk menghindarkan pernikahan dari perceraian.

Dilansir dari laman Times of India, setidaknya ada lima kebiasaan berbahaya yang jika terus dibiarkan bisa mengganggu hubungan pernikahan suami-istri:

1. Tidak membicarakan masalah penting

Ketika muncul permasalahan dalam hubungan, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membahasnya sesegera mungkin. Namun, banyak pasangan memilih jalan yang lebih mudah dengan tidak membahas masalah itu.

Apa alasannya? Biasanya karena alasan klasik sindrom "fight or flight" dan mereka memilih pergi dari masalah. Sayangnya, itu justru akan membuat masalah tersebut tumbuh lebih besar. Ketika pertengkaran sudah terjadi, maka semuanya sudah terlalu terlambat.

Baca juga: Dua Modal yang Harus Dimiliki demi Pernikahan Langgeng dan Bahagia

2. Menyinggung masalah lama ketika berargumen

Banyak dari kita yang melakukan itu, yaitu membawa masalah lama yang memicu pertengkaran yang lebih hebat. Ini adalah kebiasaan yang seharusnya dihindari.

Ketika seseorang kerap menyinggung masalah lama ketika berinteraksi dengan pasangan, hal itu tak hanya mengganggu, namun juga memicu amarah.

Jika kamu tidak bisa mengatasi masa lalu, bagaimana bisa merencanakan masa sekarang dan masa depan dengan baik?

3. Bicara di belakang pasangan

Banyak orang yang kemudian membicarakan pasangannya di belakang setelah pertengkaran terjadi. Misalnya, menghubungi teman atau keluarga untuk menangis dan meluapkan perasaan.

Terkadang, tanpa disadari seseorang bisa bicara kejam tentang pasangannya pada orang lain, ketika pasangannya tidak ada di sekitarnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X