Kompas.com - 17/12/2019, 17:51 WIB
Ilustrasi makanan sumber protein shutterstockIlustrasi makanan sumber protein
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, manusia membutuhkan energi supaya semua organ di dalam tubuh dapat bekerja secara optimal.

Energi ini didapat dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Maka dari itu, pemenuhan nutrisi harian menjadi faktor penting untuk menunjang aktivitas kita.

Nutrisi sendiri dibagi menjadi dua yaitu makro dan mikro. Makro nutrisi ini lah yang memiliki peran besar dalam pemenuhan energi untuk aktivitas sehari–hari.

Makro nutrisi terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein. Sayangnya, masyarakat Indonesia masih kurang dalam pemenuhan proteinnya.

Jesaya Christian, Brand Manager L-Men mengatakan, masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di kota cenderung memiliki mobilitas dan aktivitas fisik yang banyak melibatkan otot, tetapi nutrisi proteinnya masih kurang bahkan terlewatkan.

"Semakin aktif seseorang secara fisik, otot akan semakin sering digunakan sehingga asupan protein yang cukup amatlah penting untuk menjaga massa otot," kata Yesaya.

Apalagi jika mereka melakukan olahraga, khususnya latihan beban, di mana otot mengalami micro-tears atau luka pada otot sehingga membutuhkan asupan protein yang cukup sebagai building block untuk proses regenerasi otot dan menambah massa otot.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ellen Widodo, General Manager Marketing & PR Boga Group (kiri); Jesaya Christian, Brand Manager L-Men (tengah); dan Radityo Wahyu Senoputro (kanan), Pemenang The New L-Men of The Year 2019 dan Mister World Indonesia 2019 dalam acara temu media yang diadakan di Jakarta (17/12). Renna Yavin Ellen Widodo, General Manager Marketing & PR Boga Group (kiri); Jesaya Christian, Brand Manager L-Men (tengah); dan Radityo Wahyu Senoputro (kanan), Pemenang The New L-Men of The Year 2019 dan Mister World Indonesia 2019 dalam acara temu media yang diadakan di Jakarta (17/12).
Ia menambahkan, protein bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel dalam tubuh, metabolisme dalam tubuh, pembekuan darah, dan sistem imun. Jadi, kalau kekurangan protein semua itu akan terganggu.

Menurut European Journal of Sport Science, kebutuhan protein untuk orang dengan latihan ketahanan atau endurance intensitas rendah dan sedang adalah 1.1 gram/kg Berat badan setiap hari.

Sedangkan, mereka yang memiliki tujuan pembentukan otot (body building) memiliki kebutuhan protein 1,6-2,2 gram protein/kg berat badan setiap hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.